Menlu Retno Telah Panggil Dubes Inggris


Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah memanggil Duta Besar Inggris di Jakarta, Owen Jenkins, terkait deklarasi Papua Merdeka yang digaungkan Benny Wenda.

Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) itu mendeklarasikan Papua Merdeka pada 1 Desember lalu.

“Dua hari lalu Menlu sudah menugaskan Direktur Jenderal Kemlu RI terkait untuk memanggil Dubes Inggris,” kata Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah ketika dikonfirmasi¬†cnnindonesia.com¬†melalui pesan singkat pada Kamis (3/12/2020).

Meski begitu, Faizasyah belum bisa memastikan apakah pemanggilan itu sudah berlangsung atau belum.

Pemanggilan ini dilakukan setelah Benny mendeklarasikan kemerdekaan Papua dan pembentukan Pemerintahan Sementara Papua Barat sekaligus menyatakan sebagai pemimpinnya melalui situs resmi ULMWP.

Dalam deklarasi itu, Benny mengatakan pihaknya akan menerapkan konstitusi sendiri dan tidak akan tunduk pada pemerintahan Indonesia.”Mulai hari ini, 1 Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan mengklaim kembali tanah kedaulatan kami,” kata Benny.

Dewan Perwakilan Rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengutuk langkah Benny tersebut dan mendesak pemerintah mengambil aksi nyata menindak tindakan separatisme tersebut.

Otoritas Indonesia pernah berupaya mengekstradisi Benny ke Indonesia melalui pengajuan red notice ke Interpol pada 2011 lalu. Namun, Interpol mencabut status itu setahun kemudian.

Meski demikian, pemerintah Indonesia disebut masih terus melakukan pendekatan kepada Inggris, terutama pihak kepolisian, untuk membantu menangkap Benny.

Selama ini, Inggris dianggap diam terkait status warga negara Benny. Sebab, Benny disebut pernah mengajukan suaka politik ke negara Eropa Barat tersebut.

Namun, pada 2019, Inggris menolak membeberkan status kewarganegaraan Benny dan apakah permintaan suakanya diterima atau tidak.

Sementara itu, melalui pesan singkat, Faizasyah mengaku pihaknya tak mengetahui status kewarganegaraan Benny.”Tidak ada informasi status kewarganegaraannya. Namun kalau dia WNI, dari waktu ke waktu ada keperluan memperpanjang dokumen perjalanan (paspor) dan faktanya yang bersangkutan tidak pernah melakukan itu,” Faizasyah menambahkan ( SH / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

One thought on “Menlu Retno Telah Panggil Dubes Inggris

  1. Perselingkuhan+Intelek
    December 3, 2020 at 9:58 pm

    jika Benny berada di Inggris dan tidak pernah perpanjangan Paspor berarti dia sudah diberi Suaka Politik dimana itu adalah Hak Inggris secara Hukum Internasional. Jika memang Papua selalu bergejolak maka seharusnyalah Pemerintah Indonesia menanganinya secara Profesional jangan hanya Mau Hasil Kekayaan Tanah Papua saja sedang Warga setempat yang berhak turun temurun tidak mendapatkan apa2, berapa lama kesabaran warga Papua ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *