Ahok: Otaknya Dishub dari Awal Memang Mau Main sama Perusahaan Tiongkok


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menduga, banyak permainan antara Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta serta perusahaan penyedia bus asal Tiongkok.

Kualitas bus Tiongkok yang tidak baik ditengarai menjadi penyebab banyaknya kecelakaan yang melibatkan transjakarta. Padahal, lanjut dia, DKI seharusnya bisa membeli banyak bus buatan Eropa yang kualitasnya terjamin, mengingat anggaran yang dimiliki DKI pun tidak sedikit.

“Makanya sampai transjakarta dirancang dengan sasis desain khusus yang seluruh dunia enggak ada (sasis menyerupai¬†sasis transjakarta). Katanya transjakarta nyontek Bogota, kenapa enggak nyontek sampai ke bus-busnya? Kan tinggal beli,” kata Basuki di Balai Kota, Selasa (23/6/2015).

Ngapain transjakarta dirancang aneh-aneh. Spec (spesifikasi)-nya mesti tinggi supaya tidak kena banjir, toh pas banjir bus-bus tidak ada yang jalan. Kalau mau khusus tidak kena banjir, ya dirancang bus amfibi sekalian,” kata Basuki lagi.

Basuki mengatakan, produsen bus asal Eropa, seperti Scania, Mercedes Benz, dan MAN, enggan mengikuti lelang tender yang diselenggarakan Dishubtrans DKI dalam pengadaan transjakarta. Sebab, mereka selalu kalah tender dengan perusahaan bus asal Tiongkok. Hanya Tiongkok yang siap memenuhi seluruh spesifikasi yang diajukan oleh Dishubtrans DKI.

Kini, lanjut dia, pengadaan bus untuk dijadikan transjakarta tidak lagi melalui lelang tender, tetapi e-catalogue Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah atau LKPP.

“Makanya, saya mensinyalir dari awal, otaknya (Dishubtrans) itu sudah mau curi (uang) supaya ada spec khusus, main dengan perusahaan Tiongkok. Tiap lelang, perusahaan yang lain enggak keburu siapin spec karena dia (perusahaan Tiongkok) sudahsiapin. Jadi, tiap kali lelang (pengadaan bus untuk transjakarta), yang menang China (Tiongkok),” kata Basuki.( Kps / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *