Mengapa Muncul Pulau Misterius di Bekasi?


Kepala Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Gadis Sri Haryani mengatakan adanya tanah timbul yang terletak di perairan sejauh 2 kilometer dari Pantai Sederhana, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, adalah akibat dari sedimentasi.

Menurut dia, pembentukan tanah itu adalah proses alamiah yang terbawa oleh aliran sungai pascabanjir kemarin. “Sedimen dari sungai yang terbawa ke laut,” kata Gadis ,¬†Senin, 24 Februari 2014. “Juga mendorong pasir di dasar laut sampai ke tengah lautan.”¬†

Gadis mengatakan curah hujan dengan intensitas tinggi beberapa waktu lalu menyebabkan sungai di daerah hulu membawa material padat yang akan mengendap beberapa kilometer dari daerah muara. Apalagi, Gadis melanjutkan, jika arus sungai itu besar dan mendorong pasir di dasar laut muara sampai ke tengah laut.

“Ini adalah proses alamiah membentuk delta. Pasir akan menumpuk di tengah laut dan membentuk lengkungan,” kata Gadis. “Erosi di hulu besar, daerah resapan berkurang, air sungai membawa muatan material.”

Menurut dia, tanah timbul ini dapat hilang seiring terbawanya arus laut. “Nanti dilihat saja apakah arus laut itu menggerus tanah timbul ini atau karena, kalau menurut cuaca, angin laut akan membawa arus besar dan menggerus tanah timbul ini.”

Fenomena tanah timbul di tengah laut ditemukan sejumlah nelayan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tanah timbul yang membentuk daratan baru itu diperkirakan memiliki panjang 2 kilometer dan lebar 15 meter.

Tanah timbul terletak 2 kilometer dari bibir pantai Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Kawasan tersebut kini ramai dikunjungi warga yang dapat dijangkau menggunakan perahu sekitar satu jam perjalanan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

3 thoughts on “Mengapa Muncul Pulau Misterius di Bekasi?

  1. James
    February 24, 2014 at 10:53 pm

    muncul Pulau baru apa Anak Gunung Baru ??? he he makin serem nih Indonesia sudah bermacam-macam bencana dan keanehan terjadi

  2. pengamat
    February 25, 2014 at 1:34 am

    Ha..ha.,.ha….jangan berpikiran aneh2 dulu james

  3. James
    February 25, 2014 at 4:06 am

    Pengamat : bkan aneh-aneh tapi Lihat Bukti Bencana di Indonesia semua, buka Mata dan Telinga dong kalau baca berita di Indonesia, jangan hanya kerjanya komen menghindar dari Kenyataan saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *