Peringatan Bulan Bung Karno di Tengah Pandemi Covid-19


PDI Perjuangan akan menggelar peringatan “Bulan Bung Karno” pada Juni mendatang. Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto menuturkan, gelaran tersebut merupakan upaya untuk terus merayakan dan melanjutkan gagasan serta pemikiran Soekarno, sang proklamator sekaligus presiden pertama RI.

Peringatan Bulan Bung Karno telah dilaksanakan sejak 2010.

Optimistis Covid-19 Dapat Diatasi “Juni menjadi bulan Bung Karno karena pada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat,” ujar Hasto dalam konferensi pers, Rabu (27/5/2020).

Hasto mengatakan, seluruh kegiatan Bulan Bung Karno ini akan dilaksanakan secara daring atau online karena situasi pandemi Covid-19.

Namun, acara ziarah di Blitar dan doa bersama seperti tahun-tahun sebelumnya tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Hasto memastikan akan ada pembatasan peserta dalam acara yang digelar tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman di Blitar, maka di Blitar akan diadakan tanggal 6 juni tetapi dengan protokol Covid-19 dengan tidak melibatkan banyak orang tentunya.

Doa bersama juga dilakukan di kompleks makam Bung Karno dengan protokol Covid-19,” katanya. Hasto mengatakan peringatan Bulan Bung Karno tahun ini mengambil tema yang bertalian dengan Covid-19, yaitu “Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19”.

“Peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri,” tutur Hasto.

“Dari pandemi ini, bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan,” ucapnya.

Peringatan Bulan Bung Karno akan dimeriahkan dengan berbagai lomba pidato, cipta lagu, dan Gelar Museum Bung Karno secara virtual. Selain itu, juga akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial.

“Kegiatan selama Bulan Bung Karno mencakup lomba pidato, lomba cipta lagu, lomba pembuatan video, Gelar Museum Bung Karno secara virtual, bakti sosial, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan.

Kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal,” kata Hasto. ( Kps / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *