“Masa Beli Tanah Harga Kampung, tetapi Mau Fasilitas Perumahan”


Warga Perumahan Taman Anyelir II, Kalimulya, Depok, merasa mempunyai alasan kuat untuk menembok rumah yang berdiri di atas lahan yang bukan bagian dari perumahan mereka.

Mereka menilai tindakan tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan tidak melanggar aturan.

Di sekitar perumahan Taman Anyelir II, Depok, terdapat satu rumah yang ditembok oleh warga. Kasusnya mirip dengan yang dialami Denny Akung (41) di Perumahan Bukit Mas Bintaro, Jakarta Selatan.

Ada warga kompleks perumahan yang berkeberatan dengan adanya rumah yang berdiri di atas tanah yang bukan bagian dari perumahan, tetapi memanfaatkan akses keluar masuk yang ada di perumahan tersebut.

Salah seorang warga, Budi, mengatakan, rumah yang bukan berdiri di atas lahan perumahan memang tidak seharusnya menggunakan akses keluar masuk yang ada di perumahan tersebut.

“Karena harga tanah dia dengan tanah kita beda. Rugi dong kita, masa dia beli tanah harga kampung, tapi nebeng di perumahan dan dapat fasilitas yang sama dengan kita,” ujar Budi, Sabtu (7/11/2015).

Warga lainnya, Mukmin, turut melontarkan hal senada. Ia menilai rumah yang memiliki akses perumahan memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketimbang rumah yang berada di luar perumahan. Ia menganggap hal itu merupakan konsekuensi logis yang laik diterima warga.

“Sedangkan kalau beli yang bukan kompleks kan enggak. Masa dia yang beli tanahnya murah, harga jualnya mau sama dengan harga jual rumah kita,” kata Mukmin.

Warga lainnya, Amin, mengatakan, penembokan terhadap rumah yang bukan berdiri di atas lahan yang bukan bagian dari perumahan harus dilakukan untuk mencegah kejadian serupa terulang.

Bayangin kalau ini dibiarin, ntar bakal banyak orang lain yangniru. Beli tanahnya harga kampung, terus pas rumahnya jadi tinggal robohin tembok, ikut masuk perumahan. Ya enggak bisagitu kan,”¬†ujar dia.( Kps / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *