IM TOUR 2021 : EGYPT # 4. ASWAN : High Dam,  Unfinished obelisk, Nile Cruise, Felucca Ride

IM TOUR 2021 : EGYPT # 4.

ASWAN : High Dam,  Unfinished obelisk, Nile Cruise, Felucca Ride

Waduh, semalaman kita semua tidak bisa tidur , karena  di kereta api ini , seperti tidur di

gerobak.  Berisik dan goyang goyang.

Meskipun begitu, kita sangat berterima kasih, karena kita mendapatkan pengalaman yang tidak akan

terlupakan.   Satu jam sebelum tiba di Aswan, pak kondektur  sudah  mengetuk  pintu dan

menyuguhkan sarapan pagi.   Oh, Monica menyarankan ide dan kita sudah sepakat, hari ini kita semua

memakai T shirt Cleopatra yang kemarin dibeli di bazar.

Pagi ini kita langsung menuju ASWAN HIGH DAM.

Dibangun pada tahun 1960 – 1970 , merupakan bendungan  terbesar didunia  . Dibangun di sungai Nile.

Menghabiskan biaya $ 1 billion. Dam ini sangatlah  penting bagi perekonomian  Egypt. Karena

penyaluran air di kedua daratan  Aswan jadi bisa diatur. Selain itu ,  juga berfungsi sebagai hydroelectric

power. Tinggi dam 111 meter .Panjang  3830 meter. Volume menampung air 44,300,000. Cubic meter.

Sebelumnya ada juga bendungan , yang dibangun di tahun 1902, di sebut  Aswan Low Dam.

Jauh sebelum sampai di Dam, kita cukup heran juga.  Kok setiap beberapa meter, ada orang laki

berjas dasi  berdiri ditanah gersang itu. Aneh ,  kok petani berjas dan hanya berdiri saja, tidak kerja?.

Baru Mohamed menerangkan, bahwa mereka itu bukan petani, tetapi undercover tentara.  Di Mesir ini,

kita harus berhati hati, karena banyak sekali under cover polisi. Seperti yang menjaga kita di bus.

Mereka berpakaian jas lengkap, tapi dipinggangnya membawa senapan berlaras panjang. Tentu si bapak

polisi di bus memamerkan senjatanya juga kepada kita. Semakin dekat dam , semakin banyak tentara

yang berjaga jaga.

Rupanya Presiden Mesir, Mr. Abdel Fattah Al-Sisi ,  pagi ini akan mengunjungi dam.

Waktu kita sampai , kita berfoto foto  .  Sudah pasti ada puluhan  tentara disitu .Hanya

diberi waktu 10 menit saja.  Waktu kita jalan pulang, benar saja jalanan sekarang ditutup total.

Kita melihat iring iringan mobil presiden lewat.

Memang Tour IM itu, selalu diberkahi. Kalau kita terlambat sedikit saja,  pagi itu kita tidak bisa melihat

High Dam, karena ditutup.  Bapak Presiden akan menginap disalah satu hotel dan mengadakan

conference room.

Sekarang kita menuju ke UNFINISHED OBELISK.

Semua obelisk terbuat dari batu granit yang berasal dari kota Aswan.  Obelisk harus dibuat dari granit

yang utuh.  Tidak boleh retak sedikitpun.

Diarea ini ada obelisk yang sudah hampir jadi, tapi ternyata ditengahnya retak.  Maka harus dibuang,

tidak bisa dipakai.

Setelah puas menikmati gunung batu granit, kita ke kapal cruise untuk lunch dan istirahat sebentar.

Kamar tidurnya besar nyaman. Makanannya juga sangat lezat.

Sore hari kita naik boat FELUCCA RIDE  , yang akan mengelilingi Elephantine Island  dan Mauseloum

Agha Khan III. ( Sir Sultan Muhammed Shah ).   Wafat pada tahun 1957.  Penduduk Aswan sangat

menghormati dan menyukai  beliau.

Dibawah mauseloum, kita bisa melihat villa, yang sekarang dihuni oleh putranya  Prince

Sadruddin Aga Khan.

Elephantine Island adalah pulau di sungai Nile, yang terletak antara Egypt dan Nubia  Island.

Dinamakan begitu, karena bentuk pulau itu seperti gading gajah.

Pulau ini sangat penting, karena tempat transfer kapal cargo yang melintasi sungai Nile.

Waktu berlayar pulang, kita bernyanyi lagu Aswan yang sebelumnya sudah dilatih dulu dan menari nari

di boat. Wah  happy sekali.

Tidak lupa setelah itu, bapak nelayan membuka dagangannya. Yang sudah pasti kita semua membeli

cenderamata. Ada yang unik yaitu pembuka surat dari tulang onta.

Dinner di kapal,perut kenyang  dan tidur nyenyak dikasur yang sangat nyaman. Good Nite sampai next

time. ( es / IM )

Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)