Dua Kali Meletus, Sinabung Kirim Abu Hingga Brastagi


Letusan hebat terjadi Selasa malam, kolom erupsi hingga 10 km.

Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, meletus dua kali sejak Selasa malam hingga Rabu dinihari, 20 November 2013. Letusan Selasa malam pukul 21.56 WIB bahkan paling dahsyat sepanjang 2013.

Pada letusan Selasa malam, ketinggian kolom erupsi mencapai 10.000 meter. “Letusan ini mengirimkan abu sampai jauh. Kami dapat laporan sampai ke Susuk, Huta Gugung dan Brastagi,” jelas Komandan Tanggap Darurat Erupsi Gunung Sinabung, Letkol Meyer Putong, saat dihubungi¬†VIVAnews, Rabu 20 November 2013.

Dia mengimbau warga yang terkena hujan abu memakai masker agar pernafasannya tidak terganggu. “Selain itu, tinggal saja dulu di rumah,” kata dia.

Sementara itu, letusan yang kedua terjadi Rabu dinihari sekitar pukul 2.45 WIB. Letusan ini mengembuskan lokon setinggi 2.000 meter. “Tidak terlalu besar letusan kedua ini,” kata dia.

Dia menambahkan, tidak ada penambahan pengungsi akibat dua letusan tersebut. Jumlah pengungsi masih 6.211 orang. “Karena kami memang sudah mengevakuasi warga jauh-jauh hari. Di radius 3 km sampai 4 km sudah kami ungsikan,” jelas Meyer.

Meski daerah steril 3 km, ada warga yang desanya terletak 4 km dari kawah diungsikan juga karena berhadapan dengan mulut kawah. “Kami khawatir ada awan panas mengarah ke sana. Jadi kami ungsikan juga,” jelasnya.

Dia juga mengimbau agar pengungsi jangan dulu kembali ke rumahnya karena Sinabung masih memiliki potensi untuk erupsi lagi. “Masih berbahaya,” kata dia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *