Beberapa Kali PAN Tak Diundang ke Acara Parpol Pro-Jokowi


Masih berstatus pendukung Presiden Jokowi, PAN acap ‘diabaikan’ parpol koalisi. Terhangat, PAN tak diundang dalam pertemuan para sekretaris jenderal partai politik pendukung Jokowi dengan Seskab Pramono Anung.

Pertemuan sekjen-sekjen parpol pro-Jokowi dengan Seskab Pramono Anung ini dilakukan pada Senin (7/5/2018). Tak hanya itu, beberapa kali PAN juga tak diundang ke acara parpol koalisi Jokowi.

Untuk diketahui, PAN merupakan partai yang baru bergabung mendukung Jokowi setelah Pilpres 2014 selesai digelar. PAN awalnya mengusung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Seusai Pilpres 2014, ada pertemuan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di rumah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Selasa (3/11/2015).

Pertemuan KIH di kediaman Megawati diikuti Ketum Hanura Wiranto, Ketum PPP Romahurmuziy, Ketua Fraksi Partai NasDem DPR saat itu, yaitu Victor Laiskodat, serta Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Isi pertemuan tersebut seputar isu politik yang tengah hangat kala itu.

“Setahu saya (PAN) nggak diundang. Kalau nggak diundang ya nggak ikut,” ucap Ketua DPP PAN Yandri Susanto saat dihubungi¬†detikcom, Rabu (4/11/2015).

Dua tahun berselang, partai koalisi Jokowi kembali menggelar pertemuan. Kali ini, pertemuan itu langsung dihadiri Jokowi. Lagi-lagi PAN tak diundang.

Pertemuan yang melibatkan enam fraksi pendukung pemerintah di DPR, yakni PDIP, Golkar, PPP, PKB, NasDem, dan Hanura, itu digelar di Istana Negara, Selasa (25/7/2017). Meski tanpa PAN, suasana pertemuan tersebut berjalan hangat.

Hampir setahun berselang, parpol pendukung Jokowi kembali melakukan pertemuan. Jumlah peserta bertambah, tapi tetap minus PAN. Pertemuan itu antara sekjen partai pro-Jokowi dan Seskab Pramono Anung, seperti yang dijelaskan di atas. PAN mengaku tak diundang.

Kala itu, isu yang ramai dibahas terkait Perppu Ormas (saat ini sudah disahkan jadi UU Ormas). PAN memilih jalan berbeda dengan pemerintah. Meski demikian, Wakil Ketua F-NasDem Johnny G Plate menegaskan tak ada pembahasan tentang PAN bersama Jokowi.

“Tidak ada pembicaraan khusus tentang PAN. Kemarin yang dibicarakan itu terkait agenda politik di DPR dan presiden berharap bahwa terhadap UU atau kebijakan penting, DPR memberi dukungan solid, khususnya koalisi pendukung pemerintahan,” sebut Johnny.

Sekjen-sekjen yang ada di pertemuan itu berasal dari PDIP, Golkar, PKB, NasDem, PPP, Hanura, PKPI, Perindo, dan PSI.

“Tidak diundang,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno saat dihubungi lewat pesan singkat, Senin (7/5/2018). ( Dtki / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

One thought on “Beberapa Kali PAN Tak Diundang ke Acara Parpol Pro-Jokowi

  1. Perselingkuhan+Intelek
    May 8, 2018 at 5:49 am

    PAN lagi-lagi tidak diundang berarti PAN Tidak disenangi oleh Partai yang lainnya, gitu aja refot sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *