Densus 88 Sita 500 Kotak Amal dari Terduga Teroris di Deli Serdang


Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri kembali mengamankan sebanyak 500 kotak amal di sebuah gudang di Desa Manunggal, Kecamatan Helvetia, Deli Serdang pada Jumat (26/3/2021) sore.

Tak hanya itu, tim yang juga diback-up oleh tim Jahtanras Polda Sumut itu juga mengamankan ratusan stiker, dan beberapa lembar baju.

“Benar tadi di Desa Manunggal, Helvetia. Jadi Densus 88 Mabes Polri kembali mengamankan ratusan kotak amal diperkirakan 500 kotak amal,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi pada Jumat malam.

Dijelaskannya, Densus 88 diback-up tim Jahtanras Polda Sumut juga mengamankan ratusan stiker, brosur dan beberapa lembar baju yang digunakan saat menarik kotak amal dari sejumlah titik yang sudah ditentukan.

Mulai dari pasar, mini market, rumah makan, swalayan dan lainnya.¬† “Kotak amal itu tersebar di Helvetia, Belawan. Itu yang diamankan posisinya sudah ada di bengkel.

Sebagian masih ada tersisa, ada isinya. Sebagian besar sudah kosong. Jadi itu mungkin sudah digunakan oleh keperluan mereka,” katanya.

Stiker, brosur dan baju tersebut memiliki tulisan yang menunjukkan lembaga atau yayasan. Berisi ajakan bersedekah kepada yatim piatu dan lain sebagainya.

Dijelaskannya, ratusan kotak amal itu merupakan barang bukti. Dan pastinya, lanjut Hadi, apa yang diamankan oleh Densus 88 sudah berdasarkan penyelidikan yang mendalam terkait penggunaan dana yang tersebar di kotak amal.

“Nanti setelah operasi yang dijalankan Densus di Sumut selesai, gamblangnya akan disampaikan oleh Mabes Polri. Tim Densus masih terus mendalami dan bekerja di lapangan karena proses penelusuran ini tidak bisa seketika dan membutuhkan proses memakan pikiran, tenaga dan lain sebagainya,” katanya.

Dengan penemuan 500 kotak amal ini, maka total yang sudah diamankan sebanyak 531 kotak amal.

Sebanyak 31 di antaranya diamankan di Tanjung Balai. Baca juga: Curi Kotak Amal Masjid Berisi Rp 700.000, Pria Ini Ditangkap Diberitakan sebelumnya, hingga saat ini, jumlah keseluruhan terduga teroris yang diamankan oleh tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di Sumatera Utara sebanyak 18 orang.

Mereka tersebar di 5 kabupaten/kota. Selain belasan orang itu, tim juga telah mengamankan puluhan kotak amal di belasan titik. Hadi merinci, pada Jumat (19/3/2021) yang lalu, tim Densus 88 Anti Teror telah menangkap terduga teroris di Kota Medan sebanyak 6 orang dan Tanjung Balai 2 orang.

Kemudian, dari hasil pengembangan tim Densus 88 Anti Teror, pada Minggu (21/3/2021) kembali mengamankan 3 orang. Pada Senin (22/3/2021), tim Densus mengamankan sebanyak 7 orang.

Keseluruhannya, diamankan 18 orang dari berbagai daerah, Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang dan Tanjung Balai.

Untuk barang bukti yang sudah diamankan sebanyak 31 kotak amal, yang tersebar di 13 titik. Saat ini barang sudah dikumpulkan oleh teman-teman Densus 88 dan Polres Tanjung Balai. “Jumlah terduga yang diamankan belum ada penambahan.

Masih 18 orang. Pertama 8 orang, kemudian 3 dan 7. Ada perempuannya juga. Saya tak bisa sebutkan jumlahnya,” katanya. ( Kps / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *