MOHON KLARIFIKASI DAN PERTANGGUNGJAWABAN APARAT PEMERINTAH KOTA MADYA METRO


Saya sangat kecewa dengan renovasi Masjid Taqwa Metro, Lampung yangs sedang dilakukan Pemerintah Kota Madya Metro. Sehingga mengubah seluruh bentuk bangunan Majid yang lama sampai tidak berbekas, meski yang tersisa justru Menaranya.

Akibatnya, nilai historis (sejarah pembangunan Masjid dengan semua peran serta masyarakat setempat dahulu) jadi lenyap, apalagi hanya sebatas kenangan atau nostalgia masa lalu ketika melaksanakan Ibadhah diwaktu lampau.
Oleh karena itu, Pemerintah Kota Madya Metro harus melakukan klarifikasi agar kecurigaan warga masyarakat lainnya tdak semakin berkembang dan menimbulkan masalah maupun kerugian bagi banyak pihak.
Saudara Walikota Metro. Lukman Hakim harus memberikan keterangan yang rinci serta alasan yang jelas, sehingga dugaan terjadinya penyimpangan dalam pembangunan Masjid Taqwa Metro tidak smapai menimbulkan fitnah.
Saya juga berharap pihak Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pemerika Keuangan Daerah (BPKD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Metro memberikan pertanggung jawaban atas renovasi semana-mena terhadap Madjid Taqwa yang sudah bernilai sejarah itu. Jika tidak, maka dugaan banyak pihak terhadap penyelewenagn yang dilakukan berjemaah benar adanya dilakukan oleh Pemerintah Kota Madta Metro bersama unsur lainnya.
Jika dalam semingga sejak surat terbuka ini tidak ada klarifikasi, maka saya mengharap Komisi Pemberantasa Korupsi ( KPK) dapat memeriksa semua pejabat Pemerintah kota Madya Metro yang terkait dengan renovasi Madjid Taqwa ini.
WALIKOTA METRO HARUS KLARIFIKASI SEJARAH MASJID TAQWA  YANG  HILANG

 
Sungguh saya merasa kaget dan terkejut Masjid Taqwa Metro, Lampung Tengah telah direnovasi oleh pemerintah setempat, sehingga mengubah seluruh bentuk bangunan Majid yang lama sampai tidak berbekas, meski tetap disisakan Menaranya. Nanum nilai hostoris yang dikandungnya, baik untuk nama sejumlah mereka yang telah berjasa ketika membangun dahulu menjadi musnah. Apalagi hanya sekedar nostalgia bagi sejumlah remaja di Metro ketika itu yang kini telah beranjak dewa bahkan tua.

Nilai sejarah yang melekat pada banunan Masjid Taqwa Kota Motro itu pun telah bersifat monumental, sehingga menandai masa silam yang bersifat religious dan menandai ketekunan ibadhah warga masyarakat setempat.
Nilai historis bangunan Masjid Taqwa Metro jelas tidak bias digantikan oleh bentuk apapun, mengenang bangtunan itu dahulu dibangun oleh upaya swadaya masyarakat yang menandai keguyuban serta kebersamaan dari peran serta masyarakat. Namun semuanya sekarang menajdi lenyap, termasuk kandungan religiusitasnya yang cukup sacral. Karena telah membentuk karakter pengkhayatan keagamaan yang mendalam.
Karena itu sebagai warga masyarakat Metro yang kini bermikim di Jakarta, saya sangat kecewa, keberatan dan mendesak klarifikasi dari aparat Pemerntah Kota Madya Metro yang terkait dengan renovasi yang dilakukan secara serampangan itu, sebab akibatnya membuat saya menjadi merasa terasing lantaran tidak satu pun bangunan bersejarah lainnya mampu member kenangan indah di masa lalu. Perombakan bangunan kediaman Bupati Lampung Tengah dahulu yang kini difungsikan sebagai tempat kediaman Walikota Metro pun sangat mengecewakan, termasuk bangunan tua bekas Pusat Komando Distrik Militer (KODIM 0411) yang kini dijadikan tempat kediaman Wakil Walikota Metro, semakin menghilangkan identitas Kota Metro yang saya kenal dahulu.
Walikota Metro, berikut aparat serta jajaran pemerintahan lainnya – DPRD, Bappeda – patut memberikan klarifikasi, agar persepsi negative tentang pembangunan yang dirobohkan itu tidak terjadi penyelewengan atau penyimpangan. Saudara Lukman Hakim harus memberikan keterangan rinci serta alasan yang jelas dan amsuk akal, sehingga dugaan terjadinya penyalahgunaan maupun penyimpangan dalam pembangunan Masjid Taqwa Metro tidak sampai menimbulkan fitnah dan merugikan banyak pihak.
Harapan saya kepada Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pemerika Keuangan Daerah (BPKD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro dapat memberikan keterangan yang memuaskan pada warga Metro dan sekitarnya atas renovasi yang dilakukan semana-mena terhadap bangunan bersejarah itu. Jika tidak, maka dugaan banyak pihak terhadap penyelewenagn yang dilakukan berjemaah akan memperoleh pembenaran telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Metro bersama pejabat lainnya.
Klarifikasi ini kami harapkan dapat dilakukan secepatnya, paling lambat dalam tempo 5 (lima( kali (x) 24 jam terhitung surat tebruka ini dipublikasikan, bias klier dan diklarifikasi oleh Walikota Metro, DPRD, Bappeda Pemerintah setempat, sehingga masalahnya tidak perlu meluas dan menambah keresahan masyarakat, baik yang ada di Metro Lampung, maupun yang ada di perantauan sekarang.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *