Pilot AU Libya Ogah Ngebom, Loncat dari Pesawat


Sebuah pesawat tempur Angkatan Udara Libya jenis Sukhoi SU-22 buatan Rusia jatuh di dekat kota Ajdabiya, sekitar 160 km sebelah barat kota Benghazi, Rabu.

Situs koran Libya Quryna, mengutip sumber militer, menyebut bahwa pesawat itu sengaja ditinggalkan oleh pilot dan ko-pilotnya saat di udara, karena kedua awak tersebut menolak perintah untuk mengebom kota Benghazi.

‚ÄúPilot Abdessalam Attiyah al-Abdali dan ko-pilot Ali Omar al-Kadhafi meloncat dari pesawat dengan menggunakan parasut,” kata sumber militer itu.

Pada Senin lalu dua pesawat tempur Libya mendarat di Malta. Kedua pilot pesawat itu membelot karena menolak perintah untuk mengebom Benghazi, yang sudah dikuasi oleh para pemberontak Kadhafi.

Penggunaan pesawat tempur untuk melumpuhkan para penentang Kadhafi sudah digunakan di Tripoli. Tindakan brutal tersebut mengundang kecaman dari berbagai penjuru dunia.

Kadhafi yang sudah berjanji tak akan menyerah sampai mati telah mengeluarkan perintah untuk melakukan politik bumi hangus, khususnya di ladang dan instalasi minyak.(

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *