Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu Selama 2 Jam


Terjadi hujan abu tipis dan tidak mengganggu aktivitas warga.

Kawasan Yogyakarta bagian utara dan wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dilanda hujan abu dari hembusan material Gunung Merapi. Wahyu warga di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY mengatakan hujan abu tipis terjadi mulai pukul 06.00 WIB hingga sekitar pukul 07.45 WIB.

“Ada hujan abu namun tidak setebal ketika erupsi Gunung Kelud beberapa bulan yang lalu,” katanya kepada¬†VIVAnews, Minggu 20 April 2014

Menurutnya selain wilayah Kecamatan Turi, wilayah kecamatan Pakem yang berada di selatan Gunung Merapi juga dilanda hujan abu vulkanik. “Tadi saya telepon temen saya yang tinggal di Kecamatan Pakem ternyata juga hujan abu tipis,” katanya.

Meski hanya hujan abu tipis namun jika abu vulkanik tersebut mengenai mata akan terasa pedih. “Saya tadi keluar rumah untuk ke warung sempat menggunakan masker agar tak terganggu pernafasan,” ujarnya.

Cabibullah, relawan GP Ansor Kabupaten Magelang membenarkan terjadinya hujan abu selama kurang lebih 2 jam. Namun demikian hujan abu vulkanik ini hanya tipis dan tidak mengganggu aktivitas warga.

“Sekitar dua jam hujan abu berlangsung,” katanya.

Menurutnya hampir semua wilayah Kabupaten Magelang bagian selatan dan sebagian kota Magelang juga dilanda hujan abu vulkanik.

“Ya ini mungkin Gunung Merapi kembali mengeluarkan gas dari dalam dan menyebabkan ada hembusan material merapi dan tertiup angin ke arah barat-utara gunung Merapi,” kata Cabibullah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *