SELAMAT ULANG TAHUN


“SELAMAT ULANG TAHUN” berupa ucapan pribadi yang paling sering terdapat di milis. Umumnya diiringi dengan serangkaian kata kata harapan, seperti; Harap selalu bahagia. Harap senantiasa sehat. Harap panjang umurnya dsb.Sebenarnya memberi ucapan doa selamat ulang

May Swan - Penulis

tahun bukan sesuatu yang luar biasa. Parahnya, karena demikian banyaknya anggota dalam satu milis, kiriman ucapan selamat, jika hendak diperhatikan hampir saban hari masuk di inbox sepanjang tahun. Dan isi ucapan selamatnya, ya itu itu juga, terasa sebagai klise yang digunakan berulang kali tanpa perobahan. Setelah mengharap sehat, bahagia, gembira, panjang umur, ucapan selamat apa lagi yang dapat diberi?

Komunitas Tionghoa umumnya menghormati orangtua. Bagi yang masih ada orangtua dalam keluarga, hari ulang tahun ke 60, 70 dan 80, apa lagi 90 dirayakan dengan bangga bersama seluruh sanak keluarga dan family, sebagai tanda penghargaan dan terimakasih karena telah berhasil membimbing anak cucu sepanjang hidupnya. Keberadaan orangtua dalam keluarga  disebut huok pau, berkah yang tak ternilai.

Dalam jaman modern banyak moral standard sudah berubah. Masih ada sebagian kecil yang melihat bertambahnya usia sebagai bukti keberhasilan; berhasil menempuh perjalanan panjang, tidak gagal setengah jalan. Sebaliknya, lebih banyak yang merasa mengaku tua sama seperti mengaku kalah. Gejala ini tidak mengherankan jika dilihat betapa besarnya perhatian mass media ditumpukkan pada youth culture. Dari bahan kosmetik, busana, accessory, mobil pribadi, dunia hiburan, hingga penampilan pribadi, seluruhnya memberi kesan pentingnya penampilan awet muda, langsing, cantik dan ganteng selamanya.  Kehidupan sehari hari senantiasa dikelilingi oleh suasana komersiel mendengungkan produk yang ditujukan demi menarik pasar anak anak muda. Tentunya semua ini berdasarkan perhitungan banyaknya anak muda yang mempunyai pekerjaan, dan berkemampuan belanja.

Beberapa tahun yang lalu, isteri dari seorang pengacara yang terkenal di kota kami berangkat keluar negeri. Selain terkenal sebagai pengacara handal dan berhasil, suaminya juga terkenal sebagai laki laki yang sukar menahan godaan wanita cantik, seperti umumnya para pria. Maksud sang istri keluar negeri untuk menjalankan plastic surgery, demi mempercantik

Hasil dari plastic surgery

parasnya, dengan tujuan menarik hati suaminya. Pada masa itu plastic surgery belum membudaya seperti sekarang.

Tidak disangka, ketika sang istri kembali dengan paras cantik jelita setelah menjalankan surgery, ia dapati suaminya berselingkuh dengan nyonya janda yang tinggal di sebelah rumah. Istrinya marah besar, mengajukan perceraian, menuntut pembagian harta yang berlimpah. Karena kasus ini menyangkut keluarga kaya raya masyarakat atas, maka gempar menjadi perhatian publik. Perdebatan sengit di pengadilan dilaporkan berhari hari. Lalu ketika foto yang bersangkutan dipajang di koran, ternyata  nyonya  janda sebelah itu berparas  sederhana  berbadan gembrot dan 10 tahun lebih tua dari sang isteri.  Koran tabloid  bagian  gossip melapor kasus tersebut dengan judul: “Plastic surgery yang salah letak geography-nya; Seharusnya di Selatan bukan di Utara.”(IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *