Separuh Pengikut ISIS Kecewa Dan Bubar


311867_620 Jakarta РAl Chaidar, seorang Pengamat Tindak Pidana Terorisme, mengklaim bahwa anggota Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS telah melantik sekitar 2 juta orang di Indonesia. Meski tidak ada data pasti, ia mengklaim informasi tersebut langsung didapat dari rekannya yang pernah bergabung dengan ISIS di Irak.

“Ini klaim sepihak dari mantan anggota ISIS yang sudah pulang ke Indonesia,” kata Al Chaidar saat dihubungi, Sabtu, 2 Agustus 2014.

Pada 2013 telah ada 56 orang Indonesia dari berbagai macam organisasi Islam yang berangkat ke Irak untuk bergabung dengan ISIS melalui ibadah haji atau umroh ke Arab Saudi

Menurut Chaidar, sekitar 16 orang telah kembali ke tanah air, melanjutkan proses perekrutan di daerah masing-masing. Namun, ada beberapa orang yang kembali tak lagi melanjutkan gerakan karena justru kecewa terhadap ISIS.

“Hampir separuh kecewa, salah satunya akan buat buku,” kata dia.

Anggota ISIS yang kembali dan merekrut 2 juta orang tersebut tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Selain pulau Jawa, kelompok tersebut juga merekrut anggota di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Medan, Lampung, Riau, dan Madura. “Ada di Aceh, tapi sangat sedikit,” kata dia.

Kelompok ISIS tak membagi kelompok mereka berdasarkan wilayah. Semua anggota memiliki satu fokus untuk mendukung perjuangan ISIS di Timur Tengah, bukan perlawanan di dalam negeri sendiri.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

One thought on “Separuh Pengikut ISIS Kecewa Dan Bubar

  1. James
    August 3, 2014 at 7:47 pm

    Semoga Pemerintah dan Aparat Menindak sejak sekarang sebelum Menjadi Group yang Kuat akan Merongrong Negara karena beraliran Keras cenderung Teroris !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *