Membedah Ramalan Jayabaya, dari Soekarno Sampai Jokowi


Ramalan tertulis dalam buku Jangka Jayabaya.

Ramalan Jayabaya ditulis ratusan tahun lalu oleh seorang raja yang adil dan bijaksana di Mataram. Raja itu bernama Prabu Jayabaya (1135-1159).

Ramalannya banyak dipercaya masyarakat Jawa. Satu di antara ramalan yang melegenda adalah tentang satrio piningit. Ramalan ini tertulis di bukuJangka Jayabaya. Satrio Piningit banyak dibicarakan orang, disebutkan akan muncul di saat negeri ini dalam keadaan kacau balau.

“Terdapat tujuh satrio piningit, yaitu Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro, Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar, Satrio Jinumput Sumelo Atur, Satrio Lelono Topo Ngrame, Satrio Piningit Hamong Tuwuh, Satrio Boyong Pambukaning Gapuro, Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu. Banyak kalangan mencoba menafsirkan ketujuh satrio piningit dengan berbagai versi,” ujar Aziz Hidayatullah, budayawan Jawa, Kamis, 11 Juni 2015.

Aziz menjelaskan tentang urutan–urutan satria. Untuk pertama, Satrio Kinunjoro Murwokuncoro berarti tokoh pemimpin yang akrab dengan penjara (Kinunjoro), yang akan membebaskan bangsa ini dari belenggu keterpenjaraan dan akan kemudian menjadi tokoh pemimpin yang sangat tersohor diseluruh jagad (Murwo Kuncoro).

Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai Soekarno, Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia yang juga Pemimpin Besar Revolusi dan pemimpin Rezim Orde Lama. Berkuasa tahun 1945-1967.

Kedua, Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar. Ini menggambarkan tokoh pemimpin yang berharta dunia (Mukti) juga berwibawa dan ditakuti (Wibowo), namun akan mengalami suatu keadaan selalu dipersalahkan, serba buruk dan juga selalu dikaitkan dengan segala keburukan atau kesalahan (Kesandung Kesampar).

Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai Soeharto, Presiden Kedua Republik Indonesia dan pemimpin Rezim Orde Baru yang ditakuti. Berkuasa tahun 1967-1998.

Selanjutnya, Satrio Jinumput Sumela Atur. Ini merupakan tokoh pemimpin yang diangkat atau terpungut (Jinumput) akan tetapi hanya dalam masa jeda atau transisi atau sekedar menyelingi saja (Sumela Atur). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai BJ Habibie, Presiden Ketiga Republik Indonesia. Berkuasa tahun 1998-1999.

Keempat, Satrio Lelono Tapa  Ngrame. Tokoh pemimpin yang suka mengembara atau keliling dunia (Lelono), akan tetapi dia juga seseorang yang mempunyai tingkat kejiwaan religius yang cukup atau rohaniawan (tapa ngrame). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai KH. Abdurrahman Wahid, Presiden Keempat Republik Indonesia. Berkuasa tahun 1999-2000.

Kelima, Satrio Piningit Hamong Tuwuh. Tokoh pemimpin yang muncul membawa kharisma keturunan dari moyangnya (Hamong Tuwuh). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima Republik Indonesia. Berkuasa tahun 2000-2004.

Keenam, Satrio Boyong Pambukaning Gapuro. Tokoh pemimpin yang berpindah tempat (boyong/dari menteri menjadi presiden) dan akan menjadi peletak dasar sebagai pembuka gerbang menuju tercapainya zaman keemasan (Pambukaning Gapuro). Banyak pihak yang menyakini tafsir dari tokoh yang dimaksud ini adalah Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia akan selamat memimpin bangsa ini dengan baik manakala mau dan mampu mensinergikan dengan kekuatan Sang Satria Piningit atau setidaknya dengan seorang spiritualis sejati satria piningit yang hanya memikirkan kemaslahatan bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga gerbang mercusuar dunia akan mulai terkuak.

Ketujuh, Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu. Tokoh pemimpin yang amat religius sampai-sampai digambarkan bagaikan seorang Resi Begawan (Pinandito) dan akan senantiasa bertindak atas dasar hukum/petunjuk Allah SWT (Sinisihan Wahyu). Dengan selalu bersandar hanya kepada Allah SWT, Insya Allah, bangsa ini akan mencapai zaman keemasan yang sejati.

“Menurut urutan di atas, satria yang dimaksud adalah Presiden Jokowi Widodo,” kata Aziz. ( VV / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

30 thoughts on “Membedah Ramalan Jayabaya, dari Soekarno Sampai Jokowi

  1. Kahuripan senja mahesti
    April 26, 2016 at 8:41 am

    Kurang lebih 18 thn lagi,munculnya satrio pininget..di akhir pemerintahan presiden ri yang kedelapan.

    1. Ahmad Bakrie
      May 21, 2016 at 4:26 am

      Kira2 presiden RI ke-8 siapa ya? Apa dari orang pribumi aslikah?

      1. Kawulo Gusti
        June 5, 2016 at 1:15 am

        Satriyo piningit lahir dr jawa kah?? Saya kira satriyo piningit itu Al Mahdi..

        1. Toni hak
          December 1, 2016 at 4:17 am

          Al mahdi di tutunkan di mekah…
          Klo satriio piningit di tana jawa
          Trisula weda 313

    2. rajiman alharis
      August 1, 2016 at 10:23 am

      Menurut saya Jokowi adl satrio boyong pambukaning gapuro. Satrio pinandhito sinisihan wahyu Insya Allah akan ada lagi.

      1. Dhimas
        September 19, 2017 at 10:05 pm

        Benar. Jokowi satria ke 6. Jadi ada 1 yg bukan satria yg pernah memerintah negri ini.
        Yg ke 7 pasti akan datang dan beliau ada diantara rakyat Indonesia.

    3. wahyudin
      March 11, 2017 at 1:57 am

      udah ada

  2. ginting
    May 28, 2016 at 11:25 pm

    Presiden RI ke 10..
    David AK Ginting

  3. Dimas Mangku Bumi
    June 18, 2016 at 11:17 pm

    Comment: satrio piningit itu Dimas Mangku Bumi

  4. coky tobat
    July 3, 2016 at 12:05 am

    Comment:satrio piningit asal e soko sumatra utara. Kahuripan senja, 18 tahun lagi uda jaman nya ratu adil, 5 tahun lagi satrio piningit kae muncul, soko sumatra utara

  5. hadi pramono
    July 20, 2016 at 12:35 am

    kalau..ada…yang//bisa..menurunkan hujan..waktu musim..ketigo../musim..panas,,,insyaalloh…satrio piningit,,,muncul…

  6. benar
    July 20, 2016 at 4:42 am

    Presiden penggantih dari pojonegoro jatim

  7. Rastomo
    August 5, 2016 at 8:08 am

    Satrio piningit adalah pewaris harta mataram kuno yg selama ini ada di bank dunia,dia tidak akan menjadi presiden.akan ada kerajaan baru di nusantara ini dan dialah rajanya(satrio pininggit)

  8. satria piningit
    August 13, 2016 at 10:36 am

    ALKITAB YOHANES 14
    Yesus Menjanjikan Penghibur
    14:18 Aku tidak meninggalkan kamu sebagai yatim piatu.
    14:16 Aku mintakan kepada Tuhan dan Tuhan memberikan kepadamu seorang Penolong lain, supaya Ia sertai kamu selamanya, yaitu Satria Piningit.
    15:26 Jikalau Penghibur yang diutus dari Tuhan datang, yaitu Satria Piningit yang keluar dari Tuhan, Ia bersaksi tentang Aku.
    15:27 Dan kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.
    14:17 Karena dunia tidak dapat menerima Satria Piningit, sebab dunia tidak melihat Satria Piningit dan tidak mengenal Satria Piningit.Tetapi kamu mengenal Satria Piningit, sebab Satria Piningit sertai kamu dan diam bersama kamu
    14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Satria Piningit, sebab Satria Piningit hidup dan kamupun hidup.
    14:23 Jika seorang kasihi Aku, ia menuruti firman-Ku dan TuhanKu kasihi Satria Piningit dan Kami datang kepada Satria Piningit dan diam di dalam Satria Piningit.
    14:25 Semua ini Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama dengan kamu
    14:26 tetapi Penghibur, yaitu Satria Piningit, yang diutus oleh Tuhan dalam nama-Ku, Satria Piningit lah yang mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu
    14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu.Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu.
    14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi. Sekira kamu kasihi Aku, kamu tentu bersukacita karena Aku pergi kepada TuhanKu,sebab Tuhan lebih besar daripada Aku.

  9. satria+piningit
    August 13, 2016 at 10:37 am

    ALKITAB YESAYA
    48:17 Beginilah firman Allah Penebus Satria Piningit, TUHAN Yang Mahakudus:” Akulah Allah TUHANmu, yang mengajar Satria Piningit tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun Satria Piningit di jalan yang harus ditempuh.”
    42:1″ Lihat, ini hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepada Satria Piningit Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atas Satria Piningit supaya Satria Piningit menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.”
    11:2 Roh TUHAN ada pada Satria Piningit, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan pengabdian pada TUHAN;
    59:21 “Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan manusia” firman TUHAN:” Roh-Ku yang hinggapi Satria Piningit dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulut Satria Piningit tidak meninggalkan mulut Satria Piningit”
    28:26 Mengenai adat kebiasaan Satria Piningit telah diajari, diberi petunjuk oleh Allah.
    14:24 TUHAN semesta alam telah bersumpah, firman-Nya:” Sesungguhnya seperti yang Kumaksud, demikianlah yang terjadi, dan seperti yang Kurancang, demikianlah yang terlaksana
    48:16 Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini “Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu sejarah terjadi Aku ada di situ” Dan sekarang, Tuhan ALLAH mengutus Satria Piningit dengan Roh-Nya.
    61:1 Roh Tuhan ALLAH ada pada Satria Piningit, oleh karena TUHAN telah mengurapi Satria Piningit; Tuhan telah mengutus Satria Piningit untuk sampaikan kabar baik kepada orang sengsara dan merawat orang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang tawanan dan kepada orang terkurung dalam penjara,
    61:2 untuk memberitakan Tahun Rahmat TUHAN dan Hari Pembebasan, untuk menghibur semua orang berkabung,
    61:3 untuk karuniakan kepada mereka perhiasan sebagai ganti remuk hati, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang sebutkan Satria Piningit “Pohon Kebenaran”, “Tanaman TUHAN” untuk memperlihatkan keagungan-Nya.
    48:15 “Aku, Akulah yang Katakan dan yang memanggil Satria Piningit, Akulah yang mendatangkan Satria Piningit juga dan segala usaha Satria Piningit berhasil.
    54:5 Sebab SEPERTI yang menjadi suami Satria Piningit ialah Allah yang menjadikan Satria Piningit, TUHAN semesta alam nama-Nya; Yang menjadi Penebus Satria Piningit ialah Allah Yang Mahakudus, Allah disebut TUHAN seluruh bumi.
    54:6 Sebab Satria Piningit seperti isteri yang ditinggalkan dan yang bersusah hati, TUHAN memanggil Satria Piningit; masakan isteri dari masa muda tetap ditolak?”firman Allahmu.

  10. satria+piningit
    August 13, 2016 at 10:37 am

    Penggenapan Firman Allah
    25:31 “Apabila Satria Piningit datang dalam kemuliaan TUHAN dan semua manusia kudus bersama-sama dengan Satria Piningit, maka Satria Piningit lah bersemayam di atas Takhta kemuliaan TUHAN” (MATIUS)
    25:34 Yesus berkata:” Dan Raja dari semua bangsa itu berkata kepada Satria Piningit yang di sebelah kanan: “Mari, hai kamu Satria Piningit yang diberkati oleh Tuhanku, terimalah Kerajaan ini yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.” (MATIUS)
    Dan Nabi mereka berkata kepada mereka, sesungguhnya Allah telah mengangkat Satria Piningit menjadi rajamu”. Mereka menjawab, “bagaimana Satria Piningit memperoleh kerajaan kami, sedangkan kami lebih berhak atas kerajaan kami daripada Satria Piningit, dan Satria Piningit tidak diberi kekayaan yang banyak”. (Nabi) menjawab, “Allah telah memilih Satria Piningit menjadi raja atas kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik”. Allah memberikan Kerajaan-Nya kepada Satria Piningit yang Allah kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui” (QS: Al Baqarah: 247).
    25:34 Yesus berkata:” Dan Pemimpin dari semua negara itu berkata kepada Satria Piningit yang di sebelah kanan: “Mari, hai kamu Satria Piningit yang diberkati oleh Tuhanku, terimalah negara ini yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.” (MATIUS)
    Dan Pemimpin dari semua negara berkata kepada rakyat:” Sesungguhnya Allah telah mengangkat Satria Piningit menjadi rajamu” Mereka bertanya:” Bagaimana Satria Piningit memperoleh negara kami, sedangkan kami lebih berhak atas negara kami daripada Satria Piningit, dan Satria Piningit tidak diberi kekayaan yang banyak”. Pemimpin negara menjawab, “Allah telah memilih Satria Piningit menjadi raja atas kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik”. Allah memberikan Kerajaan-Nya kepada Satria Piningit yang Allah kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui” (QS: Al Baqarah: 247)
    25:34 Dan Presiden Jokowi dari negara Indonesia berkata kepada Satria Piningit yang di sebelah kanan: “Mari, hai kamu Satria Piningit yang diberkati oleh Tuhanku, terimalah negara Indonesia ini yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.” (MATIUS)
    Dan Presiden Jokowi dari negara Indonesia berkata kepada rakyat:” Sesungguhnya Allah telah mengangkat Satria Piningit menjadi rajamu” Mereka bertanya:” Bagaimana Satria Piningit memperoleh negara Indonesia, sedangkan kami lebih berhak atas negara Indonesia kami daripada Satria Piningit, dan Satria Piningit tidak diberi kekayaan yang banyak”. Presiden Jokowi menjawab, “Allah telah memilih Satria Piningit menjadi raja atas kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik”. Allah memberikan Kerajaan-Nya kepada Satria Piningit yang Allah kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui” (QS: Al Baqarah: 247)
    28:18 Yesus berkata: “Kepada Satria Piningit telah diberikan segala kuasa di bumi” (MATIUS)
    Yā-Sīn:83 – Maka Maha Suci Allah yang di tangan Satria Piningit kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada Satria Piningit lah urusan kamu dikembalikan.
    26:54 Jika begitu,bagaimanakah digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan bahwa harus terjadi demikian? (MATIUS)
    Yang sesuai dengan Proklamasi:
    PROKLAMASI
    Kami bangsa Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaan Indonesia. Hal hal mengenai pemindahan kekuasaan kepada Satria Piningit dilaksanakan dengan secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
    Jakarta………………?
    JOKOWI dan SATRIA PININGIT

  11. AXL
    September 21, 2016 at 12:13 am

    jokowi bukan satrio piningit tapi satrio wirang… saya belum lihat adanya perubahan diindonesia malah tambah parah… semua harga naik,bbm tak terkendali, malah malah tenaga kerja tiongkok berbondong bondong masuk ke indonesia padahal angka pengangguran diindonesia cukup tinggi… gila enggak….??? mana blusukannya…??? kalo cuman blusukan saya juga bisa… gampang…. eksekusinya NOL Besarrrrrrr…. satrio piningit adalah penyelamat bukan pengacau. trims

  12. Leo
    September 23, 2016 at 2:02 pm

    OH KASIAN SI MAJOR , NAMANYA AKAN KESERET AMBRUK KARENA ULAH BAPAK DAN PARTAINYA DIMASA LALU DAN MASA KINI .- YANG MEGA -2 CORPUSI ,,,, YG RAKYAT SUDAH TAHU.
    ANJUARAN KU SUDAHLAH “”OJO NYEDHAK KEBO GUPAK “

  13. Leo
    September 24, 2016 at 9:27 am

    ,,,,,…..PADA SAAT PILKADA,,, ISU SARA MUNGKIN TIDAK LAKU TETAPI SCARE TACTIK SEBAGAI GANTINYA -KARENA DALANG-2 KEKACAUAN ”98″ TEROR DAN PREMAM MASIH ADA DISANA
    .MARI KITA AWASI SAJA– APA NANTI SCENARIO DARI PLAN “B” NYA
    …TUJUAN MENG HALALKAN CARA …. MASIH DIPAKAI D ISINI

  14. Leo
    September 25, 2016 at 12:36 pm

    ….TARUHAN YUK;
    AGUS BAKALAN DI URUTAN KE TIGA ……DIBAWAH ANIES DAN AHOK
    NAH INI MEMBUAT SBY KENA STROKE LALU HEART ATTACK—. INI UPAHNYA KE TAMAAN SBG PRESIDEN 10 TAHUN MASA LAU . DIKIRA RAKYAT TIDAK TAHU TRACK NYA-
    BAGAIKAN NABI ABRAHAM YG DISURUH MENGORBANKAN ANAKNYA KARENA PERCAYA SUARA,,,,,, DARI KADER2 -2 NYA YG SDH NOTABENE DAN DI KURUNGAN KPK JAUHKAN DIIRIMU DARI KERBAU YG PENUH LUMPUR

  15. Leo
    September 25, 2016 at 12:51 pm

    …..BY NYUDHO NYOWO INI ; BAGAIKAN KEHABISAN PION— NNGAJUKAN SI ISTRI JADI EJEKAN NGAJUKAN IBAS JADI SINDIRAN RAKYAT NYENGIR LHA COMOT LAGI YG MANA ??
    ,,,, YOU CAN CHEAT ONE PERSON MANY TIMES, YOU CAN CHEAT MANY PEOPLE ONE TIME BUT YOU CAN NOT CHEAT MANY PEOPLE– MANY TIMES KATA PEPATAH

    LEO …

  16. indonesia
    November 11, 2016 at 10:33 pm

    Berbantah-bantahan, padahal mereka tidak mengerti ..

  17. Peter Jusuf Atmadjaya
    February 19, 2017 at 11:49 am

    Mohon ijin nyimak…..

  18. Satrio madangkara
    April 27, 2017 at 4:01 am

    Satrio piningit akan muncul di karna kan oleh kekacaun di negara ini, membuat nusantara akan menjd lbh makmur dan sejahtera, ntah iku kpn munculnya, di perkirakan ada keturunan dr majapahit dan keluar dr jawatimur hahaaaaa

  19. Berbagi Pengetahuan Kebenaran Bertuhan
    May 30, 2017 at 4:55 pm

    Surga Tempat Bercahaya di Dalam Alam Keabadian Kisah Nyata Seorang Manusia yang Telah Mencapainya

    Sebuah kisah nyata yang sangat berharga sebagai motivasi manusia untuk mendapatkan kebahagiaan sesungguhnya di alam cahaya.

    Selengkapnya : http://m.kompasiana.com/pengetahuankebenaranbertuhan/surga-tempat-bercahaya-di-dalam-alam-keabadian-kisah-nyata-seorang-manusia-yang-telah-mencapainya_58501db90323bd421fdddd30

  20. LEO
    May 30, 2017 at 7:55 pm

    TYPICAL MULUT “KALA” JENGKING DI GOLKA.R

  21. ari.dirman
    June 20, 2017 at 10:57 pm

    bala bencana..berakhir sudah ,,,,,.. hura hura…. kini berlalu bersama sang waktu…. huru hara…..kini menatang padah…. karena mulut tahta binasa… semua sama2 benar.. tapi ..tak ad.. yg mau mengalah … cermin itu tak bermakna …..tak pernah melihat hanya bisa.mengumpat.. sejati ,..menajauh agar tidak dibenci… diri ..tak jd pinigit … kerana tak mau bersembunyi lg..

  22. Zaenulabidin
    July 24, 2017 at 7:57 pm

    Jokowi orang yg sudah ditakdirkan Allah sbg ksatria pinigit sinisihan wahyu.

  23. satrio angon
    October 9, 2017 at 3:12 am

    Satrio piningit bocah angon akan menjadi presiden Indonesia gantikan Jokowi. Koruptor akan lari terbunuh banjir darah 2 juta, utang bayar utang.

  24. Dewotogog
    May 31, 2019 at 11:57 am

    Satriopiningit lg fb an,masih asyik menonton sampai jowo tinggal sepaRuh,cino sisa sejodoh,,,???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *