Ini Bola Panas Yang Dilempar Jokowi


Indonesian Corruption Watch (ICW) meminta Presiden Joko Widodo bertanggung jawab dalam penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto oleh Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri.

Menurut Koordinator Badan Pekerja ICW, Ade Irawan, Jokowi harus bertanggung jawab karena penangkapan Bambang merupakan buntut dari bola panas yang dilemparkan Jokowi terkait pengusulan nama Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol), Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri, yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait jabatan Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SDM Polri dan jabatan lainnya di Polri.

Seharusnya, kata Ade, Jokowi mengawal, dan, memastikan agar KPK bisa bekerja dengan baik dalam proses penegakan hukum.

“Ini bola panas dari Presiden. Presiden harus bertanggung jawab. Kasus ini dilempar Presiden ke KPK. Ini bermula dari pengangkatan BG sebagai Kapolri yang kemudian dipending, sampai kemudian KPK lakukan proses penegakan hukum. Artinya kan Jokowi sudah melempar ini kepada KPK. Kemudian mau kami, Jokowi setelah melempar bola tidak berpangku tangan, ikut mengawal, memastikan agar KPK bisa bekerja dengan baik dalam proses penegakan hukum,” kata Ade di Gedung KPK, Jumat (23/1).

Lebih jauh, Ade Jokowi sebagai Presiden harus menjadi penengah konflik yang terjadi antara KPK dan Polri. Menurutnya, dua institusi yang merupakan penegak hukum seharusnya bergandengan tangan untuk memberantas korupsi.

“Dia (Jokowi) harus bertanggungjawab menurut saya. Dua institusi ini semestinya dijadikan andalan oleh Pak Jokowi untuk memberantas korupsi. Jadi harus ikut bersikap. Polisi kan bosnya Presiden,” jelasnya.

Ade menegaskan, pihaknya bersama lembaga swadaya masyarakat (LSM) lain akan menggelar aksi menolak penangkapan Bambang.

Menurutnya, kasus menyetir saksi memberi keterangan palsu dalam sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi (MK) yang menjadi dasar pihak kepolisian menangkap Bambang tidak masuk akal.

Dikatakan, kasus ini sudah clear dan tuntas. Untuk itu, pihaknya berencana menjemput Bambang yang saat ini diamankan di Bareskrim Polri.

“Rencana akan ada aksi, LSM-LSM banyak. Ada rencana jemput BW, tapi itu masih dipikirkan,” ungkapnya.

Berdasar pantauan, LSM dan aktivis antikorupsi semakin berdatangan ke area Gedung KPK. Mereka menggelar aksi untuk meminta pihak kepolisian membebaskan Bambang, dan mendukung KPK terus mengusut kasus Budi Gunawan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

3 thoughts on “Ini Bola Panas Yang Dilempar Jokowi

  1. james
    January 24, 2015 at 9:06 pm

    Jokowi dikendalikan oleh Orang disekitarnya dan di Jegal disegala Bidang, Pemerintahan Jokowi rupanya akan lebih buruk dari SBY, Mata International saja sudah Mulai meng Kritik Jokowi, kalau Jowoki Tidak Tegas seperti Ahok mengundurkan diri dari Partai maka jangan mengharapkan Pemerintahan Jokowi akan baik ke depannya

  2. james
    January 24, 2015 at 9:07 pm

    Jokowi harus menyadari bahwa saat ini Rakyat yang Mengawasi dan Mengikuti jalannya Pemerintahan Jowoki ini, jangan sampai Pamor Rakyat Merosot Surut terhadap Jokowi

  3. projoko
    January 25, 2015 at 10:11 am

    Jika jokowi bertindak tanpa dibayangi dari orang2 yg ada disekeliling partai2 nya, artinya mereka tidak ikut campur dlm pemerintahan ini, pasti kita akan merasakan banyak perubahan yg dibuat president jokowi, tapi sayang mereka selalu ikut campur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *