Wiranto sebut bela negara dikendalikan Dewan Pertahanan Nasional


wiranto-sebut-bela-negara-dikendalikan-dewan-pertahanan-nasionalMenko Polhukam Wiranto memaparkan sejumlah terobosan yang dilakukan demi mewujudkan tugas pokok bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Salah satu terobosan tersebut adalah mengupayakan adanya bela negara.

“Presiden Jokowi meminta agar tidak terjebak pada rutinitas, diciptakan terobosan demi terwujudnya tugas pokok. Dalam rangka itulah, Polhukam melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan berbagai lembaga terkait, hasilnya adalah perlu adanya usaha bela negara,” katanya dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, Gedung Bina Graha,¬†Jakarta¬†Pusat, Kamis (19/10).

Wiranto melanjutkan, walau sudah ada dalam undang-undang, langkah itu perlu dilakukan yang bentuknya tidak hanya berorientasi pada latihan militer, tetapi lebih luas lagi. Sebab, aturan hukum yang ada menyebutkan bahwa seluruh elemen masyarakat mempunyai hak bela negara.

“Kelak usaha bela negara yang sifatnya lebih luas itu akan kendalikan oleh Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) yang memang mempunyai kemampuan untuk itu. Kini, aturan terkait itu sedang dalam proses penuntasan,” katanya.

Hari ini Kantor Staf Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama menggelar diskusi Forum Merdeka Barat 9 bertema ‘Negara Hadir Mewujudkan Rasa Aman Melalui Stabilitas Politik dan Keamanan, Keadilan Hukum, dan Pemajuan Kebudayaan’ di Gedung Bina Graha, Jakarta Pusat.

Forum tersebut dihadiri Menhan Ryamizard Ryacudu, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri PAN-RB Asman Abnur, Sekjen Kemenag H Nur Syam, Mendikbud Muhadjir Effendy, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Kemudian Kasum TNI Laksdya Didit Herdiawan, Wakil Jaksa Agung Bambang Waluyo, Sestama BNPT Mayjen TNI R Gautama Wiranegara, dan Kepala BNPB Willem Rampangilei. Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki dan dimoderatori Juru Bicara Presiden Johan Budi.( Mdk / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *