EMANSIPASI PEREMPUAN DALAM POLITIK AMERIKA SERIKAT


Dari 50 negara bagian yang ada di Amerika Serikat, 6 wanita jadi gubernur. Ada 16 senator perempuan dari total 100 senator (masing-masing 2 orang mewakili setiap negara bagian). Jumlah perempuan yang jadi anggota kongres adalah 74 orang dari total 435 anggota kongres.

California

Dengan hasil “primary” yang berlangsung hari Selasa (8 Juni 2010) kemarin, banyak pengamat politik menyebutnya sebagai kemenangan wanita. Lima wanita dari 4 negara bagian, yaitu California, Nevada, South Carolina dan Arkansas memenangkan pemilihan tingkat partai untuk menghadapi pemilu sela pada bulan Nopember tahun 2010 nanti. Pemilu tersebut akan memperebutkan kursi gubernur, senat dan kongres yang habis masa baktinya.

California Masyarakat California yang semakin cemas dengan kondisi ekonomi yang muram, tiba-tiba tersentak oleh kemenangan dua orang praktisi bisnis yang kedua-duanya wanita. Dua mantan CEO perusahaan besar, yaitu Meg Whitman (eBay) dan Carly Fiorina (Hewlett-Packard) memenangkan nominasi dari partai Republik. Meg Whitman akan berhadapan dengan Jerry Brown dari partai Demokrat untuk memperebutkan kursi gubernur. Carly Fiorina akan bersaing dengan Barbara Boxer calon dari partai Demokrat untuk memperebutkan kursi senat.

Meg Whitman yang merupakan wanita kaya (triliuner) telah mengeluarkan duit sebanyak 71 juta

Meg Whitman

dolar (sekitar 700 milyar Rupiah) untuk dana kampanye dari kantong sendiri. Beliau menggunakan media secara agressif untuk mengalahkan Steve Poizner pesaing dari partainya. Pada pemilihan gubernur California bulan Nopember, 2010 nanti, Meg akan berhadapan dengan Jerry Brown dari partai Demokrat.

Untuk menghadapi Jerry Brown yang merupakan mantan gubernur  California tahun 1975 sampai 1983, Meg Whitman telah menganggarkan dana kampanye sebesar 150 juta dollar (hampir 1,5 triliun rupiah). Kampanye yang menyerang Jerry Brown sebenarnya telah dimulai di beberapa media massa. Meg menyebutkan bahwa Jerry adalah mantan gubernur yang gagal, karena selama beliau memerintah, California mengalami defisit anggaran dan tingkat pengangguran yang tinggi.

Pemenang pilkada California ini akan menggantikan gubernur Arnold Schwarzenegger. Meg yang memiliki latar belakang bisnis punya peluang untuk memperbaiki kondisi ekonomi California yang sangat parah saat ini. Dimana tingkat pengangguran sebesar 13% termasuk yang tertinggi dibandingkan dengan negara bagian lain di AS. Disamping itu, California juga mengalami defisit anggaran sehingga mengalami kesulitan untuk membayar gaji pegawai pemda.

Untuk kursi senat, mantan CEO Hewlett-Packard, Carly Fiorina akan bersaing dengan Barbara Boxer, inkumben dari partai Demokrat. Dana kampanye nominasi partai Republik yang telah dihabiskan oleh Carly paling sedikit 5.5 juta dolar (sekitar 55 milyar rupiah).

Carly Fiorina

Carly Fiorina mengkritik Barbara Boxer yang sudah 28 tahun berkecimpung di dunia politik dengan mengatakan bahwa Barbara tidak memiliki ide-ide bernas untuk mengatasi suramnya kondisi ekonomi California sekarang. Pada pemilu sela bulan Nopember 2010 nanti, tema kampanye antara Carly dan Boxer tidak hanya terfokus pada soal ekonomi, tapi isu yang juga populer di California seperti homo, aborsi dan perkawinan sejenis.

Tiga Negara Bagian Lain – Wanita-wanita yang menang primary untuk negara bagian Arkansas, South Carolina dan Nevada adalah berturut-turut sebagai berikut, Blanche Lincoln, Nikki Halley dan Sharron Angle.

Di negara bagian Arkansas, Blanche Lincoln memenangkan pencalonan dari partai Demokrat untuk memperebutkan kursi Senat. Blanche akan menghadapi calon dari partai Republik,  John Boozman.

Nikki Halley memenangkan pencalonan dari Partai Republik untuk pemilihan gubernur di Negara Bagian South Carolina. Nikki mendapat dukungan kuat dari mantan gubernur Alaska dan mantan kandidat wakil Presiden AS, Sarah Palin. Di bulan Nopember, dia akan berhadapan dengan calon dari partai Demokrat, Vincent Sheheen.

Inkumben, senator Harry Reid, partai Demokrat yang juga pemimpin senat mayoritas akan berhadapan dengan wanita yang baru saja memenangkan pencalonan dari Partai Republik yaitu Sharron Angle.(tanza erlambang/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *