Inggris Selidiki Kasus Salah Transplantasi Organ


London – ├é┬áPemerintah Inggris, Ahad (11/4), memutuskan mengadakan penyelidikan independen dalam 21 kasus salah transplantasi organ tubuh pendonor yang dilakukan Lembaga Kesehatan Nasional (NHS).

Kepada BBC Menteri Kesehatan Andy Burnham, mengungkapkan penyesalannya atas kesalahan

Logo Organ Donor

transplantasi NHS. Namun Burnham berpesan agar kasus tidak menyebabkan masyarakat berhenti berdonor. Asosiasi Lembaga Kesehatan Inggris (BMC) memperingatkan kepercayaan publik bisa rusak.

Selain itu, Burnham berencana mengirim Profesor Sir Gordon Duff dari Universitas Sheffield. Sang profesor akan ditugaskan memimpin penyelidikan. Burnham pun berjanji menempatkan sistem baru ke NHS guna mencegah kesalahan berulang.

Sedangkan NHS, melalui juru bicara yang tidak ingin diidentifikasi, meminta maaf atas kesalahan transplantasi organ pendonor. Lembaga transplantasi berjanji mengadakan pertemuan dengan keluarga pendonor dan memperbaiki kesalahan manajemen dalam sistem kartu donor.

Saat ini NHS memiliki anggota sekitar 800 ribu orang. Pendonor dapat menghibahkan organ tubuh yang diinginkan beberapa saat setelah meninggal.(ADD/ANS/BBC/Liputan6)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *