Kepala BIN sebut panglima besar Ormas Peta punya reputasi buruk


Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan adanya informasi organisasi kemasyarakatan (ormas) Pembela Tanah Air (Peta). Ormas ini diketahui didirikan eks anggota TNI AD, Muhammad Saleh, yang mendeklarasikan diri sebagai Panglima Besar Peta.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso. Dia mengatakan Muhammad Saleh memang pernah menjadi bagian dari TNI. Selain itu, menurutnya, semasa mengabdi di TNI, Saleh diketahui memiliki reputasi yang buruk.

“Itu memang benar, jadi dulu itu dia seorang mayor, dan reputasinya kurang baik. Dia menobatkan diri sebagai panglima ormas Peta itu,” kata Sutiyoso di Gedung Kesenian JakartaJalan. Gedung Kesenian No. 1, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (28/1).

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI ini menyebut, organisasi yang mengklaim akan memperjuangkan hak-hak pribumi ini tidak memiliki izin Kesbangpol atau Kemendagri.

“Dan mereka juga tidak punya izin sebenarnya,” tegas Sutiyoso kepada merdeka.com.

Untuk diketahui, Muhammad Saleh telah mengundurkan diri dari TNI AD sejak tahun 2012. Pangkat terakhirnya di TNI AD adalah Wakil Komandan Yonif 754 dengan pangkat Mayor Infantri.

Ormas ini dibentuk dengan tujuan untuk memperjuangkan hak-hak pribumi dan menentang hegemoni asing di Indonesia. Peta juga disebut menjadi wadah beberapa organisasi, sebut saja Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Pemuda Islam (GPI), Komite Integritas Anak Bangsa (KIRAB), Liga Muslim Indonesia (LMI), Forum Muhammadiyah 1912, dan Komite Revolusi Agraria (KRA).

Salah satu organisasi yakni LMI, diketahui menjadi organisasi pendukung ISIS. Salah satu tokohnya, yaitu Afrian (Sekretaris LMI) yang sekaligus menjadi pengurus Peta. Peta juga dikabarkan akan membuat rekrutmen dan pelatihan dasar terhadap 100 orang calon anggota pada tanggal 1-5 Maret 2016 mendatang. Salah satu materi pelatihan tersebut adalah latihan fisik dan kemiliteran. ( Mdk / IM )

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *