Terkait Revisi UU KPK, Jokowi Pro Rakyat Atau Pro Partai?


download

Jakarta – Presiden Jokowi dihadapkan pada pilihan sulit. Ia harus memilih, ikut keinginan PDIP yang berkeras merevisi UU KPK atau sebaliknya. Di sisi lain PDIP adalah partai yang telah membesarkan namanya.

Fraksi PDIP di DPR mendapat perintah langsung dari partai. Dan bukan sembarang orang yang memberi perintah. Karena, fraksi PDIP langsung bergerak meloloskan revisi UU komisi antirasuah.

Yang mengkhawatirkan adalah jika revisi ini lolos, hal ini dapat melumpuhkan KPK. Karena adanya tujuh pasal ‘pembunuh’ di draf revisi UU KPK. Mulai dari KPK hanya berusia 12 tahun, KPK tidak menangani kasus di bawah Rp 50 M, KPK bisa mengeluarkan SP3 hingga KPK Fokus di Pencegahan Korupsi.

Apabila revisi itu lolos di DPR, RUU tersebut tetap bisa dibatalkan jika Jokowi menolak untuk menandatangani. Tetapi, Jokowi adalah kader PDIP, apakah ia akan menuruti perintah partai atau keinginan rakyat?

Walau pun publik menolak keras, PDIP seakan tidak peduli dengan suara rakyat yang selama ini mereka dewakan. PDIP kekeuh dengan pilihannya.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan “Pembahasan isu revisi UU KPK ini, dia sampai kapanpun akan ada menolak. Mau kapanpun, dia (revisi UU KPK) pasti sensitif dan kontroversi. Tapi bagi saya, isu sensistif ini penting dalam konteks ketata negaraan dan tata pondasi hukum,”.
Lembaga Survei Indo Barometer merilis, tingkat kepercayaan publik pada KPK masih tertinggi di antara lembaga lainnya. Di urutan kedua adalah TNI, diikuti Presiden. Hal sebaliknya terjadi pada DPR, hasilnya rendah, bahkan dibawah 50%.

Istana sendiri memilih tidak mau berkomentar. Sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla secara tegas menolak UU KPK direvisi saat ini. Apalagi dengan adanya pasal yang membatasi umur KPK.

“UU KPK kan sejak dulu awalnya itu kan emang bersifat ad hoc. Pada waktu itu artinya kan dalam jangka waktu tentu dievaluasi. Ya mungkin jangan ditentukan umurnya 12 tahun,” ujar JK. (dtk/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

2 thoughts on “Terkait Revisi UU KPK, Jokowi Pro Rakyat Atau Pro Partai?

  1. Perselingkuhan+Intelek
    October 13, 2015 at 5:01 am

    hayo diminta diingat yah apa janji dulu sewaktu pemilihan ?

  2. agus
    October 17, 2015 at 8:22 am

    ingat janji ketika kampanye, KPK harus di perkuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *