Tak Terima Disebut Kecolongan, Luhut: Kami Sudah Waspada Sejak Desember


473024_620Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, serangan pengeboman dan penembakan di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat sebenarnya telah diwaspadai sejak Desember 2015 lalu.

“Kejadian ini sebenarnya sudah sangat kami waspadai sejak Desember, karena kami sudah dapat informasi dari intelijen dari Desember bahwa akan ada ‘orkestra’ di Asia Tenggara ini,” ujar Luhut dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (14/1).

Menanggapi informasi tersebut, pihak kepolisian turut bekerja keras hingga berhasil melakukan penangkapan-penangkapan, termasuk sejumlah pimpinan kelompok yang melakukan ancaman, selama Desember.

Tetapi, Luhut menegaskan, pemerintah tidak pernah bisa menjamin kapan dan di mana serangan teroris akan dilakukan. Menurut Luhut, intelijen mana pun di dunia tidak akan bisa menebak hal itu.

“Kita lihat di Amerika, Inggris, Paris kemarin, baru-baru ini di Turki itu juga tidak bisa (diperkirakan kapan dan di mana serangan dilakukan),” katanya.

Maka dari itu, Luhut menolak jika dikatakan pemerintah kecolongan menghadang aksi teroris kali ini. “Saya ingin katakan, jangan ada istilah kami kecolongan. Kami sudah waspadai dan Presiden sangat paham dari waktu ke waktu kami lapori ada perkembangan itu,” ujarnya.

Luhut juga mengapresiasi kerjasama antara Polri dan TNI yang berhasil meminimalisasi terjadinya serangan yang bisa saja lebih besar. Ia pun mengaku telah bekerjasama dengan badan intelijen di dalam negeri dan unsur-unsur teritorial.

“Tadi kan sebenarnya kita kalau tidak oleh pengamanan tadi dihambat itu bawa bom kan bisa lebih banyak yang cedera, berarti SOP yang kita punya sudah jalan. Dan sekarang dengan pengalaman ini, kami antisipasi dan membuat langkah-langkah supaya meminimalkan kemungkinan kemungkinan,” katanya. (cnn/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

2 thoughts on “Tak Terima Disebut Kecolongan, Luhut: Kami Sudah Waspada Sejak Desember

  1. Perselingkuhan+Intelek
    January 15, 2016 at 5:14 pm

    Luhut, memang itu Bukan Kecolongan tapi Kebobolan Besar

  2. AMASS.
    January 19, 2016 at 6:59 pm

    Masalahnya adalah kekurangan “bertindak”,proaktip dgn mendahului.
    Sikap dan mental”menunggu” baru bertindak stlh kejadian.
    Selama ini kan sdh jelas gerombolan2 mana saja yg potensiil jadi basis ISIS????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *