Siapakah Dalang Ledakan Dan Ledakan Di Sarinah?


4baf8f0d-0e2f-4edf-b744-44d32b7dcc1e_169Jakarta – Dalam keterangan pers di Istana Negara, Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo alias Bahrun Naim diduga kuat sebagai dalang dari serangan teror di dua lokasi di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/01).

“Bahrun Naim merancang serangan seperti ini,” ujar Tito

Bahrun sendiri adalah seorang terduga teroris yang sempat ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror pada tahun November 2010 silam. Ia ditangkap oleh Densus 88 di rumah kontakannya yang terletak di daerah Pasar Kliwon, Surakarta, Solo. Ketika ditangkap, polisi juga menemukan ratusan butir amunisi di rumah kontrakan tersebut.

Sejak keluar dari tahanan hingga kini, Bahrun diduga berada di Suriah. Saat meninggalkan Indonesia, Bahrun juga diduga membawa mahasiswi Indonesia menuju ke Suriah.

Menurut Tito, dugaan keterkaitan Bahrun tersebut didasarkan pada hasil penyelidikan yang menyatakan bahwa Bahrun adalah ketua jaringan Negara Islam Iraq dan Suriah wilayah Asia Tenggara.

Keberadaan jaringan ISIS di Asia Tenggara muncul karena imbauan Abubakar Al Baghdadi, pimpinan ISIS. Abubakar memerintahkan para simpatisan ISIS untuk juga melakukan operasi di luar wilayah Iraq dan Suriah.

“ISIS ini mengubah strategi, dulu strateginya hanya menggunakan operasi di Syria dan Irak. Tapi kemudian ada perintah dari amirnya, Abubakar Baghdadi untuk melakukan operasi di luar wilayah Irak dan Syria dan kemudian dibentuk cabang ISIS diseluruh dunia,” ujar Tito.

Selain di Indonesia, jaringan ISIS juga terdapat di beberapa negara, di antaranya Perancis, Afrika Utara, Turki, Malaysia, Filipina, Thailand, dan beberapa negara lain.

Aksi teror di Jakarta juga berkaitan dengan obsesi Bahrun untuk menjadi pimpinan ISIS di Asia Tenggara. Namun, di Filipina juga sudah ada deklarasi terkait ISIS di Asia Tenggara, sehingga muncul rivalitas antara Bahrun dengan pimpinan jaringan ISIS di Filipina yang belum diketahui namanya tersebut.

“Dia (Bahrun) ingin menjadi leader untuk kelompok ISIS di Asia Tenggara. Kemudian terjadi upaya rivalitas leadership ini, sehingga untuk menjadi pemimpin, di Filipina sudah dideclare cabangnya mereka, di Filipina Selatan. Jadi antar para tokoh ini ingin bersaing menjadi leadership,” ujar Tito.

Saat ini polisi telah mengetahui adanya kelompok yang dipimpin Bahrun dan tengah melakukan pengejaran. (cnn/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

One thought on “Siapakah Dalang Ledakan Dan Ledakan Di Sarinah?

  1. Perselingkuhan+Intelek
    January 15, 2016 at 5:17 pm

    makanya coba kalau dari dulu sebelumnya si Bahrun di Hukum Mati……pasti Pem Bom an Sarinah gak terjadi dan jelas si Bahrun dkk itu baru pada pulang kembali dari Suriah ISIS, maka seharusnya segera dia mendarat di Indonesia itu dia di cekal dan dikenakan Hukum Teroris, jelas semua yang pernah ke Suriah itu adalah Teroris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *