HALAMAN DEPAN

  HEMAT & NIKMAT

APRIL 2000

 BERITA TANAH AIR
  LOCAL NEWS
 MANCA NEGARA
 OPINI
 BUDAYA&TRADISI
 IMMIGRATION
 TOKOH
 ENGLISH
 KOMIK
 AMRIK
 HEMAT & NIKMAT
 JENAK JENAKA
 PENGALAMAN
 ROHANI
 FAMILI & PARENTING

Diseputar Dapur

Dari hasil survey,  ternyata rata rata ibu rumah tangga menghabiskan 90 jam waktunya dalam seminggu untuk mengurus rumah. Salah satu pekerjaan yang sering menghabiskan waktu adalah membersihkan dapur. Maka dari itulah banyak keluarga kecil yang berlanggan catering rupanya, atau tidak jarang para keluarga muda "ber-Pizza-ria" untuk menghindari dapurnya menjadi kotor. Namun dalam kehidupan yang normal dan batas batas keluarga pada umumnya, memasak adalah keaktivan keluarga yang sangat mendasar, apalagi untuk keluarga immigrant yang datang dari Indonesia, yang kalau belum ketemu nasi rasanya belum makan. Maka dalam kolom Hemat dan Nikmat kali ini Indonesia Media mencoba bantu saran dalam hal penanganan kebersihan didapur dengan waktu yang singkat dan bahan pembersih yang murah.

Rak Oven, sering kali menjengkelkan karena lengket berlemak. Cara yang effective membersihkannya adalah dengan merendamnya didalam bath tub yang diisi air yang panas dan bubuhi dishwaser detergent, dan tambahkan sedikit vinegar putih (asam cuka yang paling murah), lalu diamkan selama satu jam , kemudian di sikat dan bilas. Untuk mencegah lemak yang mengotori dinding bath tub Anda, sebaiknya sebelum Anda masukkan rak oven tersebut, Anda semprotkan dishwasing ditergent yang diencerkan ke seluruh dinding bath tub. Alat semprotnya yang berupa botol dapat Anda pakai dari bekas botol semprot pembersih kaca semacam windex, keenceran ditergent liquid tersebut kira kira 10%. Untuk selanjut botol semprot ini akan sangat berguna untuk menghemat ditergent liquid Anda, yang pasti Anda akan menghemat 50% dengan cara pengenceran dan semprot ini.

Sekarang, Oven nya sendiri. Ulas dinding oven dengan amoniak yang cukup banyak, gunakan sponge untuk ini, dan juga tutup mulut agar bau yang menyegak tidak terlalu terasa, tutup pintu oven semalaman. Esoknya Anda buka pintu oven biarkan bau dari amoniak keluar dan setelah itu Anda akan temukan betapa mudahnya membersihkan oven itu.

Membersihkan blender setelah dipakai untuk membuat bumbu balado atau sebagainya, akan lebih mudah dengan mengisi blender setengahnya dengan air panas dan liquid detergent, lalu masukan beberapa potong kecil es batu ( medium size ice cube). Nah, sekarang Anda boleh jalankan mesin blender tersebut, maka seperti Krisbiantoro bilang "bisa mencuci sendiri". Maksud pemggunaan ice cune adalah untuk merontokan serpihan kotoran yang melengket di dinding Jar dan blade dari blender jadi semacam tugas scrubbing.

Talenan (cutting board) dapat Anda bersihkan dengan cara sebagai berikut: siram talenan nya dengan air panas, lalu laburkan diatasnya dengan beberapa sendok teh liquid Bleach (Clorox) . Catatan satu sendok teh = 5cc.

Bleach juga dapat menghilangkan stain di lantai dapur yang menggunakan vinyl yang Anda sudah coba menyikatnya tapi tetap tidak mau hilang.

Jangan dikira refrigerator Anda yang Frost Free itu tidak akan pernah kotor karena tidak ada Es yang build up, bahkan bau yang tak sedap sering menempel pada lapisan yang tak terlihat didinding kulkas.  Untuk memudahkan pekerjaan bongkar muat isi dari refrigerator, tentunya Anda sudah mengatur jadwal jangan ke groceries dulu, kosongkan dulu kulkasnya dengan menghabiskan makanan yang masih ada di lemari es. Cara membersihkannya yang paling effective dan murah yalah: dengan menggunakan 1/2 cup Alkohol , biasanya Anda dapatkan di drugs store dengan label Isopropyl alcohol (rubbing Alcohol), tambahkan sedikit liquid detergent (1/2 sendok teh) dan air hangat sampai penuh (1 cup) . Dengan menggunakan sponge yang tak menggores Anda lap sampai bersih . Karena kita gunakan alkohol disini , maka kita tidak perlu mengeringkannya lagi, campuran ini akan menguap dengan sendirinya. Disamping itu alcohol berfungsi untuk melunturkan lapisan yang melengket didinding refrigerator.

Tambahan: satu pak kecil baking soda yang disimpan di kulkas akan mengurangi bau tak sedap lemari es. baking soda ini akan tahan selama 6 bulan tergantung muatan, besar  dan jenis makanan didalam kulkas tentunya.

Dishwasher jangan dikira tidak akan kotor, karena dibagian bawah tempat penadahan air buangannya tidak selalu kering, dan air yang stagnant ini menjadi berbau karena kotoran yang tersisa masih bersarang disana. Untuk membersihkannya sangat mudah yaitu dengan ,menggunakan powdered laundry bleach setengah cup masukan tanpa muatan barang cucian, tanpa menggunakan diswasher detergent. Jalankan mesin dengan cycle yang normal, dishwasher Anda bukan saja akan menjadi bersih tapi juga akan terdesinfeksi (disinfect).

 

 

Anda ingin Berlangganan Indonesia Media?
Klik disini

 

 


FastCounter by bCentral