Rizal Ramli: Lima Tahun Mendatang, Indonesia Kembali Jadi Negara Maritim


1956532maritim1780x390Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan poros martim yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tahun lalu sudah mulai terlihat.  Lima tahun dari sekarang, Indonesia sudah bisa kembali menjadi negara maritim.

“Sudah mulai ada kesadaran yang luas pada masyarakat Indonesia bahwa kita kembangkan budaya maritim. Membangun budaya maritim ini sangat penting sebagai langkah awal membangun poros maritim,” kata Rizal saat membuka seminar bertema “Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” di Jakarta, Selasa (15/12).

Seminar ini diselenggarakan TNI Angkatan Laut dan dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Ade Supandi, Panglima TNI diwakili Kasum TNI Didit Herdiawan, mantan Kasal Marsetio, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Hasyim Muzadi, dan para peserta seminar yang sebagian besar dari TNI AL.

Rizal mengungkapkan ada lima pilar utama membangun poros maritim. mulai berjalan dan sudah kelihatan dalam satu tahun pemerintahan Jokowi-JK

Pertama, membangun budaya maritim. Yaitu menyadarkan masyarakat Indonesia untuk kembali pada semboyan masa lalu, yaitu “Di laut kita jaya dan nenek moyang kita adalah orang pelaut”. Hal ini adalah fondasi pembangunan poros maritim, di kawasan Indonesia maupun di dunia

Kedua, membangun sumber daya laut lewat industri pelayaran dengan nelayan sebagai pilar. Untuk mendukung program ini, pemerintah akan membeli 5.000 kapal sedang dalam lima tahun mendatang. Diiringi berbagai upaya penindakan pencurian hasil laut. Dalam satu tahun terakhir sudah ada shock therapy berupa penenggelaman kapal-kapal ilegal yang menangkap ikan.

Ketiga, pembangunan infrastuktur dan konektivitas antarpulau. Dalam setahu terakhir, Jokowi-JK sudah berhasil membangun berbagai infrastuktur yang mempercepat konektivitas.

Keempat, diplomasi maritim digalakkan dan ditingkatkan. Dalam setahun belakangan ini, seluruh pihak telah menjalankan tugas masing-masing dalam peningkatan diplomasi tersebut.

Rizal memuji TNI AL yang gencar dan cepat menjalankan fungsi itu. Buktinya berbagai event digelar dengan menghadirkan berbagai kekuatan dunia.

Kelima, memperkuat pertahanan maritim dengan memperkuat kekuatan TNI AL. Dikarenakan, TNI adalah tulang punggung utama pertahanan maritim. (bs/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *