Lebih Dari 2,000 Nelayan Yang Diperbudak Berhasil Diselamatkan


mef-voaindonesia3248112702Lebih dari 2,000 nelayan berhasil diselamatkan dari perbudakan yang memperihatinkan. Hal ini dipicu oleh investigasi yang dilakukan Associated Press terhadap makanan laut yang dibawa ke Amerika dari sebuah pulau budak di Indonesia timur.

Puluhan pria Myanmar di kota pelabuhan Ambon adalah rombongan yang akan segera kembali ke negara asalnya, sebagian dari mereka telah lebih dari sepuluh tahun diselundupkan ke kapal pukat Thailand.

Perusahaan-perusahaan Amerika mengutuk perlakuan kejam terhadap tenaga kerja dan kini mengambil langkah-langkah pencegahan. Salah satu tindakan yang telah diambil adalah menutup bisnis penangkapan ikan beromzet jutaan dolar milik Thailand di Indonesia, sembilan orang ditangkap dan dua kapal kargo nelayan telah disita.

Importir di Amerika menuntut perubahan, kini tiga tuntutan hukum class action sedang berlangsung, undang-undang baru telah diperkenalkan dan pemerintahan Presiden Barack Obama mendorong eksportir agar membersihkan praktik ketenagakerjaan mereka. Sebuah sidang dengar pendapat di Kongres Amerika dijadwalkan akan diadakan lagi bulan ini.

Thailand yang saat ini mendominasi industri penangkapan ikan di Asia Tenggara, menuai $7miliar setiap tahunnya dari di ekspor. Bisnis illegal ini bergantung pada puluhan ribu buruh migran miskin, yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara. Buruh-buruh ini ditipu, dijual atau diculik dan dimasukkan paksa ke kapal-kapal yang biasa dikirim ke perairan asing yang jauh untuk menangkap ikan.

Penyelidikan Associated Press yang telah berlangsung setahun menuntun mereka hingga ke desa pulau Benjina, Kepulauan Aru, sekitar 640 kilometer di sebelah utara Australia. Di tempat ini, buruh yang dianggap berisiko kabur digembok di balik terali besi kandang berkarat.

Para pria buruh di Benjina merupakan rombongan pertama yang pulang ke negara asal mereka ketika operasi penyelamatan yang dipimpin oleh pemerintah Indonesia dimulai pada awal bulan April. (els/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *