Dua Gunung Berapi Yang Mengeluarkan Es Ditemukan Di Pluto


151109220557_sp_mountais_1_640x360_nasajpljhuswri_nocreditJakarta – Berdasarkan foto dari satelit New Horizons, setidaknya, terdapat dua gunung berapi yang ditemukan di planet Pluto. Berdasarkan temuan yang disampaikan dalam 50 laporan pada pertemuan the American Astronomical Society’s Division for Planetary Sciences ke-47, kedua gunung juga memiliki kawah ditengahnya dan memiliki tekstur seperti bekas aliran lava di sisi-sisinya.

Gunung yang berlokasi di Sputnik Planum atau kawasan khatulistiwa Pluto ini memiliki tinggi lebih dari satu kilometer, dan berdiameter lebih sepuluh kilometer.

Erupsi di gunung berapi Pluto berbeda dengan erupsi yang terjadi di bumi. Gunung yang diberi nama Wright Mons, mengeluarkan lumpur es yang mengandung air, nitrogen, amonia dan metana, saat erupsi.

“Jika kami tahu persis apa saja materi yang membentuk gunung ini, maka kami bisa lebih leluasa bekerja, membuat model bagaimana ‘perilaku’ es ketika keluar dari gunung, dan kondisi stabil seperti apa yang diakibatkannya,” ungkap peneliti badan antariksa Amerika Serikat (NASA), Oliver White.

Namun, NASA belum bisa memastikan, sudah berapa kali gunung tersebut meletus.

Pluto adalah benda astronomi ‘kecil’ yang sepanjang sejarah sistem tata surya, telah kehilangan mayoritas panasnya. Artinya,  tidak butuh banyak energi untuk melelehkan dan mengambil lapisan es yang menutupi Pluto dan gunungnya.

“Mengejutkan bahwa dari seluruh eksplorasi yang telah kami lakukan, contoh paling mirip dengan apa yang ada di Pluto, ternyata ada di Mars,” ungkap Alan Stern, investigator utama dari misi New Horizons.

“Kita ternyata harus melihat ke ‘planet merah lain’ untuk mengetahui apa yang terjadi di Pluto. Di seluruh sistem tata surya ‘tengah’, kami tidak pernah melihat yang seperti ini. Benar-benar luar biasa ” ujar Alan. (bbc/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *