Donald Trump: Gaji CEO di Amerika Adalah “Lelucon Besar”


28399875-6547-4268-91B0-69076ECF8094_w640_r1_sDonald Trump, unggulan bakal calon presiden Amerika dari Partai Republik, Minggu (13/09/2015), menyebut tingginya gaji para CEO perusahaan di Amerika hal “tercela.”
Dalam acara Face the Nation di televisi CBS, Trump mengatakan penghasilan para CEO adalah “lelucon besar.”

Biasanya dalam kampanye politik Amerika, Partai Demokrat seringkali mengkritik kesenjangan penghasilan antara CEO perusahaan besar dan pegawainya, yang bisa mencapai 350 kali lipat. Sedangkan Partai Republik, yang dianggap pro pengusaha besar, jarang berkomentar tentang hal ini.

Menurut Trump, banyak CEO menempatkan teman-teman mereka di dewan direktur perusahaan yang kemudian menyetujui gaji luar biasa untuk CEO itu.

“Hal demikian meresahkan saya,” kata Trump. “Sulit jika kita punya sistim pasar bebas untuk mengubah kondisi tersebut. Dewan direktur perusahaan seharusnya mengontrol pengeluaran dan gaji para eksekutif, tetapi saya memahami benar seluk beluk perusahaan dan banyak CEO menempatkan teman-teman mereka di dewan direktur.”

Mengungguli belasan saingannya dari Partai Republik, Trump berjanji segera mengajukan proposal untuk memangkas pajak perorangan dan perusahaan. “Tetapi untuk para investor tingkat tinggi, mereka akan membayar pajak lebih besar.”

Para bakal calon dari Partai Republik akan mengadakan debat kedua minggu ini. Saingan Trump mengatakan akan mengkritik pendirian miliarder itu dalam sejumlah isu yang dianggap berubah-ubah dan tidak relevan dengan para pemilih konservatif.

Sedangkan, Partai Demokrat akan melangsungkan debat pertamanya bulan depan. Hillary Clinton masih menjadi favorit utama tetapi popularitasnya terus terkikis oleh saingannya Bernie Sanders. (voa/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *