Curigai Adanya Permufakatan Jahat, Kejagung Selidiki Kasus Setnov-Freeport


35a4e513-22ef-4d6b-8706-e6308763e0cb_169Jakarta – Kejaksaan Agung mencurigai adanya potensi permufakatan jahat oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto saat bertemu dengan petinggi Freeport dan seorang pengusaha minyak Juni lalu.

Hal ini menyebabkan potensi munculnya tindak pidana korupsi, setelah rekaman pertemuan Setya Novanto dengan petinggi Freeport dan pengusaha minyak terbuka ke publik. Kejagung pun mulai menyelidiki perkara tersebut.

“Ya, saat ini penyelidikan telah dimulai,” ujar Jaksa Agung Muda Pidana Korupsi (JAMpidsus) pada Kejagung, Arminsyah, saat dihubungi, Selasa (1/12).

Penyelidikan terhadap dugaan adanya permufakatan jahat tersebut telah diakui oleh Jaksa Agung Muhammad Prasetyo

“Nanti kita tunggu dulu hasil pendalamannya. Saat ini yang jelas masih penyelidikan. Tentang permufakatan jahat sendiri kan ada di hukum positif dan itu diatur dalam undang-undang,” kata Prasetyo.

Tindak pidana permufakatan jahat yang berujung pada korupsi telah diatur dalam Pasal 15 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Merujuk peraturan tersebut, orang yang terbukti melakukan permufakatan jahat untuk melakukan korupsi dapat dikenakan pidana penjara maksimal seumur hidup, atau sesingkat-singkatnya empat tahun penjara. Denda sebanyak Rp200 juta hingga Rp1 miliar juga akan diberikan kepada terdakwa pelaku permufakatan jahat.

Sedangkan MKD, hingga kini diketahui masih membahas masalah tersebut secara internal. Belum ada sanksi atau putusan yang dikeluarkan MKD menanggapi laporan Said. (cnn/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

4 thoughts on “Curigai Adanya Permufakatan Jahat, Kejagung Selidiki Kasus Setnov-Freeport

  1. Christianto Siswadi
    December 2, 2015 at 5:09 pm

    Kejagung hrs bisa temukan bukti2 tsb & menyeretnya ke pengadilan+Bravo Kejagung!

  2. Perselingkuhan+Intelek
    December 2, 2015 at 9:48 pm

    jelas nyata SN berniat jahat maka wajiblah diusut hingga tuntas secara hukum, jangan dibiarkan penjahat negara dan koruptor dibela oleh antek-antek yang sama korupsinya dan penjahat negara

  3. Christian Pranata
    December 4, 2015 at 12:19 am

    Tangkap SetNov,pakaikan baju atau rompi tahanan

  4. Christian Pranata
    December 4, 2015 at 12:19 am

    Tangkap SetNov,pakaikan baju atau rompi tahanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *