Cegah Kebocoran Dana, Jokowi Larang Pengunaan Kalimat Bersayap


Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berhenti memakai kalimat bersayap dalam penyusunan dan penggunaan anggaran.

Karena berpotensi menimbulkan ketidakjelasan dan memicu terjadinya kebocoran dana untuk kegiatan-kegitan tidak perlu.

“Kalau kata-katanya tepat, penggunaannya juga saya yakin akan lebih optimal, lebih konkret, lebih terukur, dan lebih tepat sasaran. Jangan menggunakan kata-kata yang bersayap,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/12).

“Semuanya dan anggarannya juga harus jelas. Dengan cara itu kita akan bisa menggunakan uang rakyat dengan lebih optimal, konkret, terukur, dan tepat sasaran,” katanya.

Jokowi mengatakan, penyerahan DIPA Tahun 2016 pada pertengahan Desember 2015 merupakan wujud keinginan kuat pemerintah agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran berlangsung lebih tepat waktu, merata, dan memberikan dampak modifikasi yang lebih besar pada pembangunan perekonomian nasional.

Pada akhir Oktober lalu, berdasarkan hasil kesepakatan pemerintah dan DPR RI, belanja negara dalam APBN 2016 telah ditetapkan sebesar Rp 2.095, 7 triliun, meningkat 5,6% dibandingkan APBN-P 2015.

Distribusi volume belanja negara sebesar 37,4% atau Rp 784,1 triliun, yang dialokasikan melalui K/L dan sebesar 36,7% atau sebesar Rp 770,2 triliun ditransfer ke daerah dan dana desa. Dan sisanya sebesar 25,8% atau Rp 541,4 triliun akan dialokasikan melalui Kementerian Keuangan.

“Selanjutnya saya minta pelaksanaan berbagai kegiatan yang telah direncanakan pada tahun 2016 dapat segera dimulai. Januari dimulai. Sekali lagi, segera dimulai. Januari dimulai. Jangan sampai terlambat. Karena kalau mundur akan terjadi kontraksi ekonomi,” kata Jokowi. (bs/IM)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *