Sejarah Maluku hingga RMS Chapter-1

Posted on October 7 2010 by Harry Kawilarang/IM

2 Responses to “Sejarah Maluku hingga RMS Chapter-1”

  1. Halim Pelu says:

    “Masyarakat Islam diangkut dan dipindahkan ke pulau Hitu, dan mereka kehilangan Orang kaya-kaya (pemuka) yang dibawa ke benteng untuk di jadikan sandera. Orang-orang biasa dibagi-bagi dan menghuni kampung-kampung yang terdapat di Hitu, dan keluarga-keluarga di pisahkan. Misalnya ayah dan anak, atau adik kakak, tidak boleh hidup bersama dan saling hidup terpisah. Sementara raja-raja dari Hitu, yang berusaha membenung invasi pendatang secara terpaksa dari Hoamoal, karena merasa terancam, tak dapat berbuat apa-apa karena ancaman dari Belanda.”

    Kepada Yth
    Penulis

    Saya ingin menegaskan kepada saudara bahwa di jaman perjuangan orang — orang Ambon melawan monopoli Belanda atas perdegangan rempah-rempah Maluku…….Kerajaaan Tanah Hitu-lah memainkan peran sangat di Maluku Tengah….Tanah Hitu, Lei Hitu,atau Kerajaan Tanah Hitu di Pulau Ambon pada jaman dahulu di perintah oleh Seorang Raja yang bergelar adat Upu Latu Sitania dan dibantu oleh Empat Perdana dalam menjalankan pemerintahan.
    Tidak seperti saudara penulis yang terhormat mengatakan bahwa di Hitu ada terdapat Raja-Raja………..

    untuk saudara penulis ketahui bahwa sejak runtuh Kerajaan Tanah Hitu dalam kekalahan besar pada 1646 dng jatuhnya Bentang Kapahaha dan Pahlwan Talukabessy……maka setiap Uli-Uli di Pulau Ambon mengatur diri sendiri-sendiri…… kemudian Uli-Uli itu pecah lagi menjadi desa-desa yg kepala desanya di sebut Bapa Raja…. Tentunya Harkat dan derajat dari pada Raja atau kepala desa tersebut mengacu kepada Gelar Adat yang diperankan oleh para datuk-datuk dari setiap kepala desa di Kerajaan Tanah Hitu pada jaman dahulu sesuai kapasitasnya……. Hingga kita banyak jumpai dalam acar adat pengangkatan Kepala Desa yg di sebut Bapa Raja, ada gelar-gelar Adat Seperti LATU, PATI dan ORANG KAYA untuk negeri atau desa-desa Adat di Maluku Tengah…….

  2. Patrakamarullah says:

    kepada penulis yang terhormat;

    boleh tahu siapa sebenarnya kapitan jonker..? kuburannya dimana..? berkeyakinan hindu, atau keyakinan yang di bawah oleh para pedagang dari timur tengah, atau penjajah belanda.?

    saya hanya ingin tahu kebenaran tentang perjalanan hidupnya dari anda berdasarkan informasi dari negara indonesia bukan dari negara belanda.. karena menurut saya penulisan sejarah maluku oleh belanda terlalu banyak manipulasi dan pembohongan didalamnya sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebelumnya demikian.!

Leave a Reply